Banyak hal yang disampaikan Bupati Emil Dardak kepada Presiden Jokowi, salah satunya terkait pembangunan bandara di kawasan Mataraman, Jawa Timur.

“Jadi dengan beliau tadi bicarakan itu, perkembangannya bagaimana. Harapan Pak Presiden agar segera groundbreaking,” kata Emil Dardak.

GAYENG: Presiden RI Joko Widodo berbincang-bincang dengan Bupati Trenggalek Dr Emil Elestianto Dardak MSc saat di Istana Bogor, Kamis (5/7) lalu. Bupati Emil (paling kanan bawah) foto bersama kepala d
(HUMAS TRENGGALEK FOR RATU)

Emil Dardak juga menyampaikan tentang perkembangan pelayaran perintis di pesisir selatan Jawa. Menurut dia, pelabuhan-pelabuhan di kawasan tersebut mulai ramai.

“Ini juga menjadi atensi beliau karena merupakan bagian dari poros maritim dunia,” ucap Emil Dardak.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau  Jokowi-sapaan akrabnya kembali mengundang sejumlah para bupati di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Jokowi pun menjamu para bupati tersebut dengan hidangan bakso dan sate di beranda belakang Istana Kepresidenan Bogor. 

Para bupati yang hadir pun turut menikmati santap sore mereka bersama Jokowi. Sambil menyantap hidangan, mereka tampak berbincang dengan mantan wali kota Solo itu. Seusai makan sore, Jokowi kembali mengajak para bupati untuk berdiskusi kembali di ruangan Garuda.

Jokowi menyampaikan dalam forum yang lebih kecil tersebut, para bupati lebih bebas untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan di daerah.

“Kita ingin agar pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten ini betul-betul satu garis lurus,” ucap Jokowi.

Dalam pertemuan hari itu, sebanyak 23 bupati diterima Presiden Jokowi pukul 10.00 WIB. Sementara pada pertemuan sore hari dimulai pukul 16.00 WIB diikuti oleh 18 bupati. (humas/ed/and)

(rt/lai/ang/JPR)