Bupati Faida Raih Natamukti Award – Radar Jember

Seperti informasi yang disampaikan Bagian Humas Pemkab Jember. Penghargaan bertajuk Natamukti Award 2017 itu diterima Bupati Faida, di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/11) malam.

President of International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Hermawan Kertajaya, menjelaskan Natamukti Award tak lain sebuah penghargaan yang diberikan kepada Pemkot dan Pemkab se-Indonesia yang dinilai berhasil memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya masing-masing.

Menurut Hermawan, ekosistem UMKM yang disebut kondusif, apabila ada kontribusi jelas dan terarah dari pemerintah daerah setempat. Tentu, perannya sebagai pendorong utama ekonomi lokal. “Maka dari itu, pemerintah daerah yang demikian kami berikan apresiasi,” tuturnya. Tujuannya, supaya mampu menjadi inspirasi bagi daerah lainnya.

Katanya, ICSB Indonesia merupakan organisasi nirlaba Internasional, yang didirikan pada 1955 silam. Tujuannya, mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di seluruh dunia. Organisasi tersebut menjadi media bertemunya para akademisi, peneliti, pembuat kebijakan dan praktisi, dari seluruh dunia.

Sementara Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menilai, kemajuan koperasi dan UMKM di Indonesia tak lepas dari peranan para bupati dan wali kota di seluruh Indonesia. Termasuk Bupati Jember dr Faida.

Katanya, berkat peranan para wali kota dan bupati di daerah, rasio kewirausahaan dan jumlah koperasi di Indonesia meningkat secara signifikan. Menurut Puspayoga, ada peningkatan rasio kewirausahaan dari tahun 2016 yang hanya 1,65 persen menjadi 3,1 persen ke tahun ini. Sedangkan koperasi yang tahun sebelumnya 1,71 persen, naik menjadi 3,99 persen.

Sedangkan Bupati Faida usia acara mengaku bangga Jember bisa meraih penghargaan tersebut. Katanya, reward dari Kementerian Koperasi dan UKM tersebut membuktikan, bahwa Kabupaten Jember bisa bangkit jauh lebih baik lagi. Terlebih katanya, ada partisipasi masyarakat untuk saling mendukung program pemerintah. 

Kata Faida, penghargaan itu mengangkat nama Jember di tingkat nasional. Tentu, juga mampu mendongkrak trend produk lokal Jember, yang rajin dia populerkan untuk pegiat UMKM di Jember. “Saya nilai ini fakta, bahwa produk lokal Jember juga mampu bersaing di panggung nasional,” katanya.

Penghargaan nasional itu, membuat Pemkab Jember semakin semangat menjaga komitmen pengembangan dan peningkatan UMKM di Jember. Bahkan, kampanye mencintai produk lokal Jember, semakin bergairah untuk terus disuarakan.

Tak sekadar itu, dia juga meminta dukungan berbagai pihak, supaya ikut melancarkan postur anggaran APBD Kabupaten Jember. Tujuannya tak lain, supaya mampu lebih maksimal lagi untuk memberi bantuan pendampingan permodalan, branding dan marketing bagi produk UMKM Jember. “Tentu supaya mereka (pelaku UMKM) bisa lebih berani tanding dengan produk lain luar daerah,” tegasnya.

Bahkan kata Bupati Faida, obsesinya bersama Wabup Abdul Muqit Arief, produk lokal binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jember, banyak yang bisa tembus pasar nasional dan Internasional. 

(jr/rul/hdi/das/JPR)

Source link