Bupati Giri Prasta Hadiri HUT ST Satria Lencana Br Bale Agung, Cemagi – Bali Express

BALI EXPRESS, MANGUPURA-Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menyempatkan diri menghadiri undangan HUT Seka Teruna (ST) Satria Lencana ke-36, Banjar Bale Agung, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Sabtu (30/6). Hadir dalam kesempatan itu Camat Mengwi, IGAN Jaya Saputra, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Badung, I Bagus Alit Sucipta, Perbekel Cemagi, Si Putu  Wiratma serta tokoh masyarakat, perwakilan ST se-Desa Cemagi dan Ketua ST Satria Lencana, Restu Prastika.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya merasa bangga dapat hadir memenuhi undangan Seka Teruna dalam melaksanakan hari ulang tahun ini. Bupati Giri Prasta mengatakan selaku bupati, dirinya berkomitmen untuk dapat meringankan beban krama dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, seperti  sandang, pangan dan papan, serta pendidikan dan kesehatan. Kebutuhan komunal misalnya pengeluaran peson-peson (urunan), nyekah besama, pengeluaran piodalan, membangun bale banjar, wantilan dan membangun kahyangan tiga dan lainnya.  “Pengeluaran seperti ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk memenuhinya, sehingga uang yang seharusnya dikeluarkan dapat dikelola dalam rumah tangga,” harapnya.

Kepada ST Satria Lencana, Bupati mengharapkan agar mekukan kegiatan yang positif berlandaskan filosofi Tri Hita Karana. Demikian pula menjauhkan dari dari hal negatif, seperti mabuk-mabukan, geng motor, obat-obatan terlarang atau narkoba maupun narkotika. Lebih lanjut dikatakan, di banjar ada tiga pilar yaitu wimuda, winata dan wiwerda. Tiga pilar ini harus bersatu untuk membangun desa yang ada di Desa Cemagi, khususnya Banjar Bale Agung ini. Sebagai wujud dukungan kepada ST Satria Lencana, Bupati Giri Prasta memberikan bantuan Rp 15 juta dan Bagus Alit Sucipta Rp 5 juta.

Sementara itu, Ketua Panitia, Putu Edy Dharma Putra melaporkan, kegiatan serangkaian HUT ini telah dilakukan sejak tanggal 24 Juni dengan berbagai lomba, yaitu lomba penjor, lomba dekorasi, lomba desain logo, lomba lari karung, makan kerupuk, lari kelereng, memasukkan paku ke dalam botol, balon berpasangan, memecahkan balon berpasangan, mencari koin dalam tepung dan terakhir lomba canang sari. Tujuan lomba ini agar semua seka teruna bersatu dan mempererat tali persaudaraan antar anggota seka teruna untuk menyatukan langkah generasi muda, melestarikan nilai-nilai tradisional.

(bx/adi/yes/JPR)

Source link