Bupati Sidoarjo Ingin Setiap Desa Miliki BUMDes – Radar Surabaya

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan desa harus memiliki kemandirian ekonomi. Dalam pembukaan Bursa Inovasi Desa 2017 di GOR Sidoarjo, Jumat (29/12), diterangkan, dengan adanya BUMDes ini akan membantu perekonomian desa. 

“Karena itu setiap pemerintah desa harus memiliki keahlian untuk mengelola dengan baik anggaran desa yang sudah diterima,” ungkapnya. 

Pria yang akrab disapa Abah Ipul ini pun meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Keluarga Berencana untuk membantu desa memiliki BUMDes. Abah Ipul pun juga berharap tahun 2018 ini 353 desa yang ada di Sidoarjo masing-masing sudah memiliki BUMDes. 

“Sekarang ini sudah ada 78 BUMDes di Sidoarjo, harapannya semua desa harus punya BUMDes sendiri,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Keluarga Berencana Ali Imron mengatakan pihaknya sudah menyiapkan mekanisme pendampingan kepada pemerintah desa untuk mempercepat pembentukan BUMDes. “Sudah kami siapkan semuanya, jadi kami yakin dapat membentuk setiap desa memiliki BUMDes,” ungkapnya.

Ali menambahkan mekanisme yang disiapkan itu dengan membentuk Tim Inovasi Kabupaten (TIK). Tugas TIK ini mendorong setiap desa untuk melakukan inovasi. “Kami sudah berkerja sama dengan Program Perencanaan Pendampingan Masyarakat Desa (P3MD) yang nantinya melakukan pendampingan,” katanya. (sar/jee) 

(sb/sar/rek/JPR)