Bus Mokong Langsung Tilang – Radar Jember

Selama ini, di terminal Minak Koncar keberadaan kendaraan angkutan mulai dari bus sampai angkot sangat sulit diatur. Parkir seenaknya, bahkan menaikkan dan menurunkan penumpang di luar area terminal.

Kondisi itu terjadi selama terminal berada di bawah naungan pemerintah daerah. Namun, sekarang sudah tidak lagi. Semua terlihat tertib. Bahkan, jika ada penumpang yang menunggu di luar terminal, ada petugas yang mengarahkan penumpang untuk masuk ke dalam terminal.

Anggota Satgas Terminal Minak Koncar Nasehat SPd menuturkan, aturan itu mulai diberlakukan pada pertengahan Januari. Bus yang sengaja berhenti untuk menurunkan atau menaikkan penumpang akan disanksi tegas.

Namun, hal itu sudah melalui proses sosialisasi. Dua minggu lamanya proses tersebut sampai akhirnya bus-bus tersebut mematuhi aturan yang diberlakukan. “Sekarang sudah tidak ada lagi bus yang mokong, semua mematuhi aturan,” katanya.

Hal yang sama juga terjadi pada angkutan kota, biasanya mereka berhenti di seberang jalan untuk menaikkan penumpang. Kali ini tidak lagi, hanya dengan sosialisasi saja para supir angkot ini sudah mematuhi aturan yang ada.

Kendati kondisi semakin baik, bukan sebuah jaminan aturan itu kembali dilanggar. Sehingga, peran petugas dalam hal ini harus dipertanggungjawabkan. “Kami akan terus pantau, jika ada yang melanggar kami tilang. Dan tidak ada tawar menawar lagi,” tutupnya. 

(jr/mar/ras/das/JPR)

Source link