Calon kades lampirkan surat bebas pidana – Radar Surabaya

Menurut Kistojo, staf pelaksana Bagian Hukum PN Sidoarjo, hingga saat ini calon kades yang mengurus surat tersebut sudah banyak. Tetapi ia tidak hafal jumlah pastinya. Meskipun demikian, ia menyatakan sudah sekitar 75 persen pemohonan yang diajukan sudah diselesaikan bagian hukum PN Sidoarjo. 

“Itu dari calon kades wilayah Kecamatan Sidoarjo, Tarik, Waru dan lainnya. Tidak hafal saya, sudah banyak pokoknya,” katanya.

Dalam surat yang dikeluarkan oleh PN Sidoarjo, menurut Kistojo, harus memenuhi syarat. Di antaranya pernyataan diri bahwa tidak pernah dihukum/dipidana yang dibuat oleh pemohon dan bermaterai, fotokopi SKCK, pengantar dari desa setempat, fotokoppi KTP dan foto berwarna ukuran 4X6 sebanyak dua lembar. 

Kistojo mengatakan tak sedikit  pemohon yang kembali dikarenakan persyaratannya kurang dipenuhi. “Ada yang tidak membuat surat permohonan, ada yang tidak bawa KTP dan SKCK. Makanya, mereka balik memenuhi persyaratan. Kalau sudah lengkap langsung kami buatkan tanpa biaya alias gratis,” pungkasnya. (mus/jee) 

(sb/rek/rek/JPR)