Cari Tempat Tenang, Siwaratri di Nusa Penida – Bali Express

Arja sendiri menyebutkan, baru tiga kali sempat nangkil ke Nusa Penida, yaitu tempatnya di Pura Dalem Ped. Kebetulan ia mendapat di hari Siwaratri maka ia memilih untuk menghabiskan malam di sana sambil bermeditasi. “Maunya saya makemit saja karena jarang juga tangkil ke sana, di samping itu saya juga baru pulang dari Dompu. Hitung-hitung liburan sekalian merayakan Siwaratri karena lebih khusyuk rasanya di sana,” terang pria asli Sideman, Karangasem tersebut ketika ditemui Bali Express (Jawa Pos Group) di penyeberangan Sanur, Denpasar Senin kemarin (15/1).

 Arja mengungkapkan sebelumnya ia berencana ke Pura Luhur Lempuyang,di Karangaasem. Melihat situasi Gunung Agung yang tidak stabil sehingga ia memilih untuk ke Nusa Penida. Selain menuju Pura Dalem Ped, Arja mengaku akan menuju Pura Goa Giri Putri dan pura lainnya yang ada di seputaran sana. Sesampainya di sana dirinya juga menerangkan akan memakai ojek menuju pura yang lainnya. “Kalau ada rombongan di sana, ya saya ikut itu saja. Kalau tidak ya saya pakai jasa ojek toh saya hanya berdua sama istri saja,” paparnya.

Sebelumnya, ia sendiri mengaku akan berangkat pagi. Selain membuat persiapan yang harus perlu disiapkan untuk banten, mengakibatkan ia kesiangan dan memilih untuk berangkat pada pukul 13.00. Dia berencana akan balik besok paginya pukul 08.00. Dikarenakan Arja sendiri akan balik lagi ke Dompu untuk bertugas kembali sebagai tenaga kesehatan di rumah sakit daerah setempat.

Pada tempat yang sama salah satu petugas penjualan tiket boat, Ni Ketut Suardani mengatakan ada peningkatan pada keberangkatan pagi harinya saja. Ia mengaku pada pagi hari sempat memberangkatkan satu rombongan yang akan melaksanakn Siwaratri di Nusa Penida. “Mereka mengaku untuk melaksanakan Siwaratri, sedangkan sampai siang ini sudah sekitar tiga rombongan tirtayatra yang berangkat ke sana. Mungkin sudah jenuh dengan keramaian makanya mereka memilih tempat yang hening dan sepi agar lebih berkonsentrasi,” terangnya.

Sedangkan pada tempat yang berbeda, salah satu pegwai boatcrown fast crush juga mengaku telah memberangkatkan satu rombongan ke Nusa Penida. Di samping itu ia juga menjelaskan sempat bertanya tujuan mereka untuk melaksanakan malam Siwaratri di suasana yang baru. “Ini peningkatan sudah termasuk lumayanlah jika dibandingkan hari-hari biasa. Lain jika saat piodalan di Pura Dalem Ped bisa putus nyambung kapal kami memberangkatkan penumpang,” terang lelaki yang tidak mau dikorankan namanya itu. 

(bx/ade/yes/JPR)

Source link