Cegah Kemacetan, Lalu Lintas Jalur Pantura Dialihkan selama Enam Jam – Radar Kudus

Kapolres Rembang, AKBP Pungky Bhuana Santoso melalui Kasat Lantas AKP Roy Irawan menyebutkan rekayasa arus lalu lintas mulai diterapkan sejak pembukaan Syawalan di Taman Kartini Rembang. Tak hanya itu pihaknya juga telah menyiapkan personel di titik-titik simpul persimpangan di jalur pantura.

“Ternyata hari ini (22/6) sukses. Rekayasa arus lalu lintas sampai sore tidak ada kemacetan,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

 Meski begitu, pihaknya akan tetap melakukan antisipasi. Utamanya kendaraan dari arah Semarang-Surabaya bakal dilewatkan  di jalur tengah. Hal itu, sehubungan dengan adanya pawai di Tasikagung yang menempati ruas di sisi utara jalan pantura.

”Kami berikan kesempatan mereka menggunakan dua lajur. Sisa dua lajur kami gunakan Semarang tujuan Surabaya,” terangnya.

Sebaliknya yang arah dari Surabaya menuju Semarang. Dimasukan  di Jalan Dr Sutomo dan Wahidin tembus di jembatan Karanggeneng. Sehingga tidak ada pertemuan arus.”Rencana kami alihkan mulai pukul 08.00 pagi sampai 13.00 siang,” ungkapnya.

Tak hanya kendaraan pribadi, bagi kendaraan berat juga diperkenankan masuk di jalur yang telah disiapkan. Mengingat kondisi jalur lingkar tidak memungkinkan, sebab maksimal yang dapat dilalui hanya 10 ton. “Jadinya semua diarahkan mulai pertigaan SMPN 3 Rembang,” ujarnya. 

(ks/noe/ali/top/JPR)