Dam Sampean Baru Didatangi Tim Pusat – Radar Jember

Keempat tim penilai hadir bersama Kabid Irigasi Dinas PUPR Provinsi Jawa Timur Ir Rudi Novianto Ridwan. Ketua Tim penilainya adalah Ir Djito Sp1 yang merupakan Kasubdit Irigasi dan Rawa Kementerian PUPR. 

Menurut Ir Djito, kedatangannya karena diberi tugas Direktorak Operasi dan Penggerak Bidang SDA Kementerian PUPR untuk melakukan peninjauan lapangan. Tujuannya melakukan penilaian di lapangan. Sebab, Bondowoso dalam penilaian dokumen, masuk dalam nominasi penilaian. “Kami ingin melihat yang sebenarnya, membuktikan apa yang sudah disampaikan,” terangnya.

Kabid Irigasi Dinas PUPR Jawa Timur  Ir Rudi Novianto Ridwan mengatakan, pihaknya berharap Bondowoso kembali juara. Sebab, pada tahun sebelumnya, juru pengairan dan HIPPA Sidomakmur Cindogo, Bondowoso telah meraih juara nasional berturut-turut. “Semoga dalam hal Daerah Irigasi Teladan juara lagi, amin,” ujarnya dalam sambutan.

Dijelaskan, atas kerja keras tim PUPR Bondowoso dan Provinsi Jawa Timur, Bondowoso masuk nominasi ketiga nasional. Oleh karenanya, lantas ada penilaian lapangan dari tim Kementerian PUPR. Daerah Irigasi Sampean Baru adalah kewenangan pusat. Namun, di dalamnya ada unsur pusat, provinsi, dan daerah. “Menariknya, daerah irigasinya terdiri atas dua kabupaten. Yakni Bondowoso dan Situbondo,” jelasnya

Selama ini, kata Rudi, sebagian alokasi APBD provinsi untuk PUPR direalisasikan ke irigasi. Hal itu sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap kemajuan pertanian. Sebab, komitmennya untuk mendukung petani yang berkesinambungan.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Bondowoso Karna Suswandi mengatakan, Dam Sampean Baru merupakan salah satu dam yang selama ini dikenal dengan keelokan pemandangannya. Di lain sisi, dam ini memiliki pengendalian air sekitar 7.800 hektare lahan di Bondowoso dan Situbondo. Di Bondowoso ada seluas 1.900 hektare lebih dan di Situbondo ada 5.900 hektare lebih. “Mengenai pemeliharaan, selama ini kami selalu maksimal. Walau tidak ada lomba, pemeliharaan menjadi hal yang sangat penting,” tegasnya.

Dijelaskan, untuk Bondowoso, Dam Sampean Baru mengaliri empat kecamatan, yakni Cermee, Prajekan, Botolinggo, dan Klabang. Selama ini pemeliharaan dan pemanfaatan sudah cukup maksimal, sehingga pihaknya optimistis akan kembali menjadi juara. “Ada beberapa aspek penilaian. Di antaranya aspek kemanfaatan, aspek sarana dan prasarana, serta aspek pemeliharaan,” tegasnya.

Pihaknya optimistis sekali menjadi juara. Sebab, pemeliharaan jaringan irigasi, di mana pun irigasi yang ada, setiap tahun terus dilakukan pemeliharaan terus-menerus berkala, bertahap, dan berkesinambungan. “Baik ada maupun tidak ada lomba pemeliharaan,” pungkasnya.

(jr/hud/das/JPR)

Source link