Daop IX Tak Tambah Gerbong – Radar Bromo

PASURUAN – Libur panjang yang terjadi akhir pekan ini tidak lantas membuat Daop IX Jember melakukan penambahan armada kereta api (KA). Jumlah KA yang diberangkatkan untuk melayani penumpang tidak berbeda dengan saat akhir pekan.

Humas Daop IX Jember, Lukman Arief mengungkapkan libur maulid nabi yang bersamaan dengan libur akhir pekan tidak membuat animo pengguna KA meningkat. Dari pengalaman tahun sebelumnya, rata-rata jumlah penumpang sekitar 500 orang.

“Untuk penumpang KA di Stasiun Pasuruan dan Probolinggo kami perkirakan masing-masing sekitar 500 orang. Ini tidak berbeda jauh dengan saat libur akhir pekan,”katanya.

Menurutnya, tidak adanya lonjakan penumpang saat libur long weekend ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, long weekend bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad, sehingga banyak masyarakat yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu berkumpul dengan keluarga.

Karena itu, jumlah KA yang diberangkatkan dari Stasiun Pasuruan dan Probolingo sama dengan saat akhir pekan biasanya. Yakni, sebanyak 14 KA. Rinciannya, tujuh KA untuk perjalanan jarak menengah dan tujuh KA untuk perjalanan jarak jauh.

Source link