Dari Seminyak, Turis Asing Berburu Foto Gunung Agung hingga ke Kubu – Bali Express

Sejumlah turis terlihat menikmati selfie dengan pemandangan Gunung Agung erupsi. “Iya memang ada wisatawan secara khusus ingin melihat erupsi Gunung Agung,” ujar seorang guide freelance, Dewa Darmadi ditemui di Desa Bugbug, Karangasem,  Kamis (30/11).

Pemandu wisata yang saat ditemui sedang menunggu tamunya foto-foto Gunung Agung itu mengaku sudah dua kali mengantar wisatawan asing yang secara khusus berburu foto Gunung Agung erupsi. Padahal dia sendiri khawatir.  

Para wisatawan lebih tahu tempat-tempat bagus melihat pemandangan Gunung Agung erupsi. Misalnya wilayah Kubu, termasuk Amed, Kecamatan Abang. Mereka tak mau sekadar melihat erupsi.

“Mereka dapat saja informasi soal tempat bagus selfie. Sempat saya mau ajak ke Rendang, tidak mau, padahal kalau cuma lihat gunung, dari sana bisa. Katanya tidak bagus,” terang pemandu wisata asal Bumbungan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, itu.

Syukurnya, lanjut dia, meski tamunya ngotot ingin melihat secara langsung erupsi Gunung Agung, namun memahami daerah-daerah yang masuk zona rawan.  Wisatawan yang diajaknya selalu memperhatikan peta daerah rawan bencana.

“Dari pagi saya keliling. Pertama minta di Muntig wilayah Kubu. Ternyata tertutup awan. Pindah lagi ke Amed, sama juga. Akhirnya melihat gunung dari Bugbug, langsung minta fotoan,” tutur Darmadi seraya mengatakan bahwa tiga tamu yang diajak kemarin menginap di wilayah Seminyak, Badung.

“Pokoknya harus dapat view Gunung Agung erupsi,” pungkasnya. 

(bx/wan/yes/JPR)

Source link