Dela Ditemukan di Dam Sampean Baru – Radar Jember

Pantauan Jawa Pos Radar Ijen, jenazah Dela ditemukan di Dam Sampean Baru, Tapen. Sedangkan titik tenggelamnya adalah di aliran aliran Sungai di Desa/Kecamatan Tlogosari. Jaraknya sudah puluhan kilometer.

Tim pencari yang dipimpin langsung Kapolres Bondowoso AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi menyatakan, korban berhasil dievakuasi dari Dam Sampean Baru sekitar pukul 11.15 WIB. Evakuasi itu dilakukan setelah muncul tanda ada jenazah yang mengapung di sekitar Dam Sampean Baru. “Ini adalah pencarian hari ketiga, dan kami membagi pencarian dengan tiga tim,” jelasnya.

(sholikhul huda/radar ijen)

Dalam tim pencarian itu ada tim Basarnas Jember, Tagana Bondowoso, BPBD, Satpol PP, RAPI, tim Tubing Tlogosari, tim Songa Probolinggo dan beberapa relawan lainnya. Mereka lantas dibagi menjadi tiga titik pencarian. Tim pertama dari Dam Sengon, Tlogosari sampai Dam Wonosroyo, Wonosari. Tim kedua melakukan penyisiran dari Dam Wonosroyo sampai Dam Traktakan. Tim ketika melakukan penyisiran dari Traktakan sampai DAS Sampean Baru. “Sejak pukul delapan pagi, kami melakukan penyisiran di hari ketiga hilangnya korban,” paparnya.

Rupannya di hari ketiga itu, pencarian yang dilakukan sesuai prediksi. Artinya jika jasad korban dibawa arus bawah, maka kemungkinan muncul dalam waktu tiga hari. Ternyata hal itu benar. Dan jasad korban muncul di Dam Sampean Baru.

Namun dalam evakuasi, awal kali tim evakuasi tidak berani memastikan identitas jasad tersebut. Akhirnya jenazah dilarikan ke kamar mayat RSD Koesnadi untuk dilakukan identifikasi.Dalam identifikasi itu, pihak rumah sakit melibatkan perwakilan keluarga. Dari situlah, korban dipastikan Dela, siswi MTs At Taqwa yang tenggelam saat main tubing di Tlogosari. “Kami melakukan otopsi luar, sebab pihak keluarga sudah mengenali korban,” terang Moealis, kepala Kamar Jenazah RSD dr Koesnadi, Bondowoso.

Sementara Kusnadi, paman korban menuturkan, dirinya merupakan pihak keluarga yang diminta mengenali korban. Saat itu, dia mengenali korban dari rambutnya, alis, gigi dan lesung pipi. “Walau sudah tiga hari, sekujur tubuhnya utuh, dan masih ada lesung di pipinya,” ujarnya di luar ruang kamar jenazah, kemarin.

Selanjutnya jenazah diantar ke rumah duka untuk dikebumikan. Kapolres beserta jajarannya mengawal langsung pemulangan jenazah itu bersama kolega dan keluarga MTs At Taqwa Bondowoso. 

(jr/hud/wah/das/JPR)

Source link