Demokrat pastikan Tetap Usung Petahana – Radar Kediri

“Penjaringan kan hanya syarat saja, kalau memang tidak ada calon yang layak diusung ya tidak perlu memaksakan diri,” terang Djaka Siswa Lelana, ketua DPC Partai Demokrat Kota Kediri, kepada Jawa Pos Radar Kediri.

 Menurut Djaka, sejak awal sebenarnya kecenderungan DPC Partai Demokrat adalah mendukung petahana. Namun ternyata DPD Jatim memutuskan untuk ikut membuka bursa pencalonan wali kota dan wakilnya. Hasilnya, ternyata diketahui tidak banyak yang mendaftar.

“Hanya satu dan itu pun tidak memenuhi syarat seperti yang ditetapkan partai,” tambah Djaka.

Makanya DPC Partai Demokrat Kota Kediri akhirnya kembali ke rencana awal. Tanpa ragu partai besutan SBY tersebut merapat ke pasangan Abu-Ning Lik (Lilik Muhibbah, Red) yang saat ini masih aktif menjadi wali kota dan wakil wali Kota Kediri.

“Pelaksanaan pilwali kan di daerah, untuk mendukung pasangan calon kita tidak memerlukan rekomendasi kecuali kalau mengajukan calon sendiri,” beber pria yang sudah dua periode menjadi ketua DPC tersebut.

Apa pertimbangannya sehingga pilihan jatuh ke Abu-Ning Lik? Menurut Djaka, yang menjadi pertimbangan utama adalah faktor kinerjanya. Selama ini program-program pemerintah sangat membangun dan mendapat respons positif dari masyarakat.

“Mulai dari prodamas, pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) hingga pembersihan kawasan Semampir,” tambah pria yang juga dosen teknik sipil tersebut.

Tidak hanya itu, tidak dipungkiri jika elektabilitas Abu sangat tinggi. Yakni di atas 70 persen. Makanya Partai Demokrat mantap mendukung calon yang memang kuat. “Harus realistis, kita mendukung calon yang memberikan peluang besar untuk menang,” tandasnya.

Selama ini hubungan Abu dengan Demokrat sendiri cukup harmonis. Diakui Djaka, jika dalam pilwali sebelumnya partainya tidak mendukung Abu. Namun Pak Dhe Karwo selaku ketua DPD Partai Demokrat Jatim sempat memberikan rekomendasi kepadanya untuk mendukung pemerintah bukan oposisi.

“Saya ikut saran tersebut dan ternyata benar terbukti kinerjanya sangat bagus,” tegasnya.

Makanya kader internal Partai Demokrat sendiri menyatakan, satu suara mendukung Abu. Rencananya pertemuan lanjutan head to head antara Partai Demokrat dan PAN akan digelar pasca pelantikan pengurus baru Demokrat.

“Dalam waktu dekat kita laksanakan pertemuan lanjutan,” pungkas Djaka.

(rk/dna/die/JPR)

Source link