Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual Perusahaan Pers ke Bali Express – Bali Express

BALI EXPRESS, DENPASAR  – Dua anggota Dewan Pers, Anthonius Jimmy Silalahi dan Ratna Komala  melakukan verifikasi factual perusahaan pers, Bali Express (Jawa Pos Group), Selasa sore (19/12). Keduanya diterima oleh Direktur Bali Express, Made Rai Warsa dan Penanggung Jawab Redaksi, I Putu Suyatra.

Sambil memeriksa berkas-berkas sebagai syarat verifikasi factual, Jimmy Silalahi dan Ratna Komala melakukan wawancara terkait standar dan perlengkapan perusahaan pers. Menurutnya, verifikasi perusahan pers ini untuk menjamin masyarakat mendapatkan berita yang benar dan berkualitas dari perusahaan per situ sendiri.  Sehingga ketika perusahaan pers itu sudah terverifikasi, memiliki nilai lebih di masyarakat.  

Verifikasi meliputi legalitas media; isi pemberitaan; adanya penanggungjawab redaksi yang jelas; bukti kemampuan finansial untuk menggaji jurnalis secara layak; adanya kode etik, pedoman perilaku dan lain lain.

Setelah pemeriksaan berkas beres, salah satu anggota Dewan Pers, Jimmy Silalahi menyampaikan beberapa pesan kepada pimpinan Bali Express. “Bali itu sangat khas. Dengan kekhasan tersebut, kami berharap Bali Express menyajikan berita yang berguna dan bermanfaat bagi Bali. Apalagi menjelang perhelatan politik tahun depan,” pesannya.

Sementara Direktur Bali Express, Made Rai Warsa menyampaikan terimakasih atas kehadiran anggota Dewan Pers yang telah melakukan verifikasi. Dia juga tetap berkomitmen untuk tetap menjaga independensi wartawan dan meningkatkan kesejahteraan wartawan. “Terimakasih atas kehadirannya. Bagi kami, independensi, kesejahteraan dan perlindungan wartawan sudah menjadi komitmen kami dalam menjalankan perusahaan Bali Express,” kata Rai Warsa. 

(bx/ade/yes/JPR)

Source link