Diguyur Rp 5,7 Miliar, Pembangunan Pasar Keling Tuntas Dikerjakan – Radar Kudus

KELING – Pembangunan Pasar Keling Jepara yang berada di wilayah Kecamatan Keling tuntas akhir tahun kemarin. Pasar yang dibangun dengan dana Tugas Pembantuan (TP) itu saat ini tampil beda dengan beberapa fasilitas umum. Pasar ini sekarang lebih modern.

Kabid Pengelolaan Pasar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jepara, Musthakim mengatakan, sampai saat ini ada dua pasar yang dibangun dengan dana TP. Dua pasar tersebut yakni Pasar Pengkol dan Pasar Keling Jepara.

Khusus untuk Pasar Keling Jepara, Musthakim menjelaskan, anggaran yang dikucurkan mencapai Rp 5,7 miliar. ”Selain kios, ada pula fasilitas umum lainnya. Di antaranya ruang kesehatan, ruang penitipan anak dan ruang menyusui,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Tak hanya dilengkapi dengan fasilitas umum, ke depan pasar tersebut akan melaksanakan e-retribusi sebagaimana yang telah berjalan di Pasar Pengkol. Hal tersebut telah disosialisasikan pihak dinas pada para pedagang.

Namun pelaksanaan e-retribusi itu sendiri, tak akan dilakukan dengan serta merta. Pihaknya juga masih akan berkoordinasi dengan pihak lain, khususnya Bank Jateng.

Musthakim melanjutkan, saat ini pembangunan sudah tuntas dan para pedagang sudah mulai menempati pasar tersebut. Rencananya awal pekan depan, pasar tersebut dibuka secara resmi bupati Jepara. ”Total ada 254 pedagang yang menempati pasar tersebut. Jenis jualannya beragam,” tuturnya.

Jumlah tersebut sebagaimana jumlah pedagang pada pasar lama atau sebelum pasar dibangun kembali. ”Kami memang tidak tambah jumlah pedagang, kami hanya tambah jumlah lapak sekitar lima untuk mengantisipasi jika ada yang terlewat saat pendataan,” terangnya.

Mengenai perbandingan dengan kondisi sebelumnya, Musthakim menambahkan, luasannya tidak berbeda jauh. Hanya saja, dulu banyak sisi yang tidak rata dan tidak ada berbagai fasilitas umum. ”Kalau sekarang semuanya sudah rata, lebih nyaman untuk pedagang dan pembeli,” imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)