Diikuti 10 Ribu Peserta, Ontelis Tua Semangat Pecahkan Rekor Dunia – Radar Bali

Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Grand Inna Bali Beach berlangsung hingga 15 April mendatang.

Yang spesial dari acara ini, para peserta berusaha memecahkan rekor Guinness Book of Record dalam kategori Parade Sepeda Kalsik Terbesar di Seluruh Dunia.

Ketua Umum Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Joko R. Prihartono mengatakan IVCA 2018 menjadi ajang berkumpulnya penggemar sepeda tua dari seluruh dunia.

Kurang lebih 10 ribu peserta akan meramaikan kegiatan konggres di Denpasar. “Kami ingin melestarikan budaya Indonesia melalui sepeda tua,” ujar Joko kemarin.

Sementara Ketua Panitia IVCA 2018, Bambang Waluyojati mengatakan adapun rangkaian acara IVCA di Bali khusunya di Kota Denpasar meliputi cultural ride sejauh 20 km.

Di samping itu juga diadakan kegiatan menanam pohon manggrove di kawasan Pantai Serangan, dilanjutkan dengan Vintage Bicycle Village dengan tema “Kampoeng Jadoel” serta fun race berbagai kategori.

Pada puncak acara peserta akan melakukan parade sepeda internasional berkeliling Denpasar sejauh 25 km dengan pakaian khas negara masing-masing dalam semangat keberagaman.

“Sedangkan peserta dari Indoensia akan mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah,” jelas Bambang.

Lebih lanjut dikatakan, terpilihnya Indonesia khususnya Bali sebagai tuan rumah IVCA 2018 merupakan suatu kebanggan karena Indonesia

merupakan negara pertama di Asia yang menjadi tuan rumah sejak konggres IVCA pertama kali di Grantham, Inggris pada 1981.

Indonesia juga merupakan negara yang memiliki penggemar sepeda tua terbanyak di seluruh dunia. 

(rb/san/mus/mus/JPR)

Source link