Dilatih Mengambil Sampel Darah – Radar Banyuwangi

BANYUWANGI – Sejumlah perawat dan bidan mendapat pelatihan di RSUD Blambangan dua pekan lalu (8/5). Kali ini, mereka dibekali teori terkini sekaligus praktik cara pengambilan sampel darah. 

Seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi kesehatan, maka salah satu sarana kesehatan berupa laboratorium klinik berkembang dengan pesat. Tidak terkecuali, perkembangan laboratorium RSUD Blambangan.

Perkembangannya tidak terlepas dari meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan dan perkembangan laboratorium. Kali ini, laboratorium harus didukung keterampilan petugas laboratorium dan tenaga keperawatan/bidan.

Laboratorium harus memiliki prosedur yang jelas dalam teknik pengambilan darah. Hal ini meliputi persiapan alat dan pengambilan darah yang tepat. Untuk meningkatkan keterampilan dalam pengambilan pada pasien, diperlukan pelatihan bagi petugas kesehatan yang terkait, yakni pelatihan phlebotomy alias pengambilan sampel darah.

Untuk itu, RSUD Blambangan mengadakan Pelatihan Phlebotomy yang dipandu oleh dr Roudhotul I Noor SpPK pada 7 Mei hingga 8 Mei lalu. Acara tersebut dilaksanakan di ruang lantai dua CT-Scan RSUD Blambangan. Peserta pelatihan adalah perawat dan bidan RSUD Blambangan. Acara pelatihan tersebut diadakan dengan mengerjakan soal pre-test terlebih dahulu. Selanjutnya, ada pemaparan materi dan dilanjutkan dengan mengerjakan soal post test. Yang terakhir adalah praktik langsung untuk pengambilan sampel darah.

Dengan Pelatihan Phlebotomy tersebut diharapkan keterampilan pengambilan sampel darah petugas analis kesehatan semakin baik. Diharapkan pula, tingkat kegagalan pengambilan sampel darah berkurang. Serta dapat meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan di RSUD Blambangan.(*/bay)

(bw/mls/ics/JPR)

Source link