Dinas PU bina marga menunjang Sumenep memasuki era berbasis data. Salah satunya melalui program SMS Center yang dibuka Dinas PU Bina Marga Sumenep. Program tersebut banyak memberikan manfaat kepada masyarakat.

Melalui program itu, masyarakat bisa melakukan laporan atau pengaduan maupun konsultasi langsung. Khususnya soal program pembangunan yang dilakukan dinas PU Bina marga.

Misalnya, pembangunan jalan. Masyarakat bisa menginformasikan kondisi terbaru tentang jalan. Hal tersebut direalisasikan sebagai bentuk keterbukaan dinas PU bina marga dalam melaksanakan program kerja.

Terobosan baru tersebut hanya bermodal Rp 50 ribu. SMS Center bermanfaat banyak. Kontraktor bisa mengetahui perkembangan pembangunan melalui SMS Center.

”Layanan ini dirasakan langsung oleh masyarakat. Masyarakat bisa sharing dan melapor melalui SMS Center. Kami mencari solusi untuk menyelesaikan jika ada laporan,” ucap Kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep Edy Rasyadi.

Sejak terealisasinya program SMS Center, semua masukan diakomodasi. Selanjutnya, dinas PU bina marga melakukan penyelesaian. Dinas PU bina marga dibantu masyarakat langsung dalam pengawasan.

Salah satunya, pengawasan terhadap pekerjaan yang ditangani dinas PU bina marga. ”Alhamdulillah selama ini kami puas. Semua SMS yang masuk kami akomodasi. Jika ada yang perlu diselesaikan dengan cepat, kami tindak lanjuti,” papar Edy.

Tidak hanya itu, dinas PU bina marga berhasil melakukan pengaspalan jalan di kepulauan dengan aspal dingin (cold mix asphalt). Dengan jarak tempuh pengiriman ke pulau, dinas PU bina marga sengaja menggunakan cold mix. Aspal tetap bisa digunakan dalam kondisi dingin sehingga kualitas jalan di kepulauan bertahan lebih lama.

Sebelumnya proyek jalan di kepulauan tidak bertahan lama karena tidak menggunakan cold mix. Kini dinas PU bina marga berhasil melakukan mengaspal jalan di enam kepulauan. ”Kami rencanakan tahun depan semua pulau sudah diaspal dengan cold mix sehingga kualitas jalan jauh lebih baik,” tandas Edy.

(mr/fat/hud/han/bas/JPR)