Dinas PUPR Tambal 200 Jalan Berlubang, Ini Salah Satu Penyebabnya – Radar Kudus

Dari pantauan Jawa Pos Radar Kudus kemarin, salah satu ruas jalan yang diperbaiki di Jalan Jendral Sudirman. Di jalan itu sudah banyak lubangnya. Jika tidak diperbaiki bisa membahayakan pengguna jalan. Meski perbaikan jalan merupakan kewenangan provinsi, namun Dinas PUPR Kudus tetap memperbaikinya.

Kepala Dinas PUPR Kudus Sam’ani Intakoris mengatakan, jalan berlubang hampir merata di Kudus. Perbaikan jalan sudah mulai dikerjakan akhir Januari. Hingga kemarin, sudah ada 200 jalan berlubang yang ditambal. ”Hari ini (kemarin, Red) mumpung cuacanya cerah, kami memperbaiki jalan. Untuk aspal yang kami gunakan perbaikan kurang lebih 16 ton,” ujarnya.

Perbaikan dilakukan menggunakan alat berat jenis wales yang berfungsi meratakan dan memadatkan aspal. Selain Jalan Jendral Sudirman, jalan yang sudah diperbaiki di antaranya Jalan Raya Agil Kusumadya, Jalan Loekmono Hadi, Jalan Ramelan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Mejobo.

Dia menyampaikan, perbaikan jalan diutamakan di jalan lalu lintas harian rata – rata (LHR) atau jalan yang banyak dilalui pengendara. Dari semua jalan berlubang di Kudus yang sudah diperbaiki sekitar 40 persen. ”Perbaikannya kami menggunakan sisa aspal di tahun 2017. Pengadaan aspal di tahun 2018, baru proses lelang,” terangnya. 

(ks/ruq/lil/top/JPR)