Dokter Gigi Zaman Now Wajib Kolaborasi dengan Modernisasi – Radar Banyuwangi

BANYUWANGI – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Banyuwangi punya gawe Sabtu (16/12) kemarin. Bertempat di Hotel Santika Banyuwangi, induk organisasi dokter gigi ini melaksanakan seminar dan pelantikan PDGI lima wilayah sekaligus yakni Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, dan Jember untuk periode 2017-2020.

Kegiatan ini juga diselingi dengan pelatihan dan seminar sebagai salah satu upaya peningkatan profesionalisme kedokteran gigi. Mengambil tema Banyuwangi Scientific Meeting 2017, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Seminar Ilmiah Kedokteran Gigi dan Pelantikan Kepengurusan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) yang ada di zona tapal kuda. Seminar sendiri diisi sejumlah pemateri di antaranya ”Kompetensi Dokter Gigi di antara Profesi yang Berdekatan” yang dibawakan oleh Ketua PDGI Pengurus Wilayah JawaTimur drg Jahja MMKes.

Pemateri berikutnya membahas tentang ”Early Orthodontic Treatment”  yang dibawakan oleh drg Jusuf Syamsudin SpOrtho, dan ”Posterior Bulk Fill Class II  Restoration” yang dibawakan oleh drg DianitaSussiani SpKG. Setelah itu kegiatan ini berlanjut dengan pelatihan peningkatan skill  Kedokteran Gigi (Hands On) dengan materi “Bulk Fill Technique Restoration” disampaikan drg Dianita Sussiani SpKG serta ”Analisis Cephalometry” yang dibawakan oleh drg Jusuf Syamsudin SpOrtho.

Kegiatan ini dihadiri ratusan peserta. Prosesi pelantikan berjalan baik yang dipimpin oleh drg Jahja MMKes selaku Ketua Pengurus Wilayah PDGI Jawa Timur mewakili Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia.

Di sela seremoni acara, Bupati Abdullah Azwar Anas turut menyapa para tamu undangan melalui FaceTime. Orang nomor satu di Pemkab Banyuwangi memberikan banyak pesan dan arahan kepada para dokter gigi untuk terus berinovasi dan saling berkolaborasi dalam membangun paradigma sehat kepada masyarakat. ”Suatu saat nanti masyarakat Banyuwangi akan lebih banyak berkunjung ke pelayanan kesehatan untuk berkonsultasi kesehatan bukan hanya untuk berobat. Hal inilah yang menjadi fokus bagi kita semua khususnya bagi para tenaga medis seperti dokter gigi harus terus berusaha bukan hanya dengan meningkatkan kompetensi dan mampu bersaing dan berkolaborasi dengan modernisasi yang ada,” sarannya. 

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dr Widji Lestariono MMKes. Dikatakan, masyarakat di era saat ini semakin cerdas terhadap tuntutan pelayan publik. Oleh karena itu, dokter gigi yang mana merupakan bagian dari pelayanan kesehatan adalah suatu keharusan untuk terus meningkatkan kompetensi ”Dokter gigi zaman old harus terus berbenah mengejar kemajuan karena modernisasi tidak dapat dihindari. Begitu juga dengan pelayanan kesehatan di zaman now harus semakin mudah, cepat, dan bermutu,” pintunya.

Ketua PDGI Cabang Banyuwangi drg Rusydi Zein menyampaikan organisasi profesi seperti PDGI merupakan organisasi nirlaba yang mana pengurus di dalamnya tidak digaji namun harus selalu siap melayani para anggotanya. PDGI Banyuwangi juga akan berkomitmen untuk selalu meng-up grade ilmu para anggotanya melalui agenda rutin ilmiah melalui kegiatan ilmiah seperti pelatihan skill maupun seminar ilmiah.

Ketua Panitia drg Muhamad Arif menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu kehormatan bagi PDGI Banyuwangi sebagai tuan rumah. Di sini menjadi tempat diselenggarakannya pengukuhan dan pelantikan Kepengurusan PDGI Cabang Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Jember, dan Lumajang untuk periode 2017-2020. ”Kami PDGI berkomitmen bukan hanya meningkatkan kualitas profesionalisme dokter gigi tapi juga terus berinovasi dan membangun kolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat Banyuwangi,” bebernya.

Source link