Dua Pasangan Cagub Jateng Sepakat Berkampanye Sehat – Radar Semarang

Calon gubernur nomor urut 1, Ganjar Pranowo, mengungkapkan, sempat ada akun palsu yang mengatasnamakan dirinya, yakni @ganjar2periode. Akun ini, kata dia, beroperasi dengan menjelek-jelekkan calon gubernur nomor urut 2, Sudirman Said.

“Tentu saya tidak terima dan meminta kepolisian untuk mengusutnya. Agar api yang meletik kecil, segera dipadamkan. Karena kita sudah bersepakat untuk tidak melakukan semua itu (kampanye hitam, Red). Maka komitmen ini harus dijaga bersama-sama. Insya’Allah kita komitmen untuk itu,” jelas pria berambut putih ini.

Calon gubernur nomor urut 2, Sudirman Said, mengatakan, kondisi di Jawa Tengah sangat ditentukan oleh para kandidat pasangan calon. Hal-hal kecil, kata dia, akan menjadi besar ketika terus di-blow-up. Untuk itu, menjadi kewajiban bagi semua pasangan calon untuk menjaga kondisi pilgub yang kondusif dan damai.

Pak Dirman -sapaan akrabnya- menambahkan, jangan sampai helatan 5 tahunan ini memecah belah silaturahmi warga Jawa Tengah. ”Kita jaga supaya Jawa Tengah tetap adem dan masyarakatnya tidak terpecah belah karena pilkada,” ujarnya.

Minggu (18/2/2018) pagi, kedua pasangan cagub dan cawagub ini menandatangani deklarasi Pilkada Damai di halaman Kantor KPU Jawa Tengah  Jalan Veteran Semarang. Mereka juga diarak dalam pawai menggunakan mobil hias, lengkap dengan foto mereka di bagian depan mobil. Pawai dimulai dari kantor KPU Jawa Tengah melewati Jalan dr Soetomo, Tugu Muda, Jalan Pandanaran, Simpang Lima, Jalan Pahlawan, dan kembali ke kantor KPU. Pada acara ini pasangan calon kompak mengenakan kaos putih bertuliskan “Pemilih Berdaulat Negara Kuat”. Pasangan calon dan tim suksesnya juga melepas merpati putih dan balon sebagai simbol pilkada damai.

Sebelumnya, mereka juga sempat melakukan senam bersama di halaman kantor KPU Jateng. Seperti biasa, Ganjar dan pasangannya Taj Yasin Maimoen datang lebih awal dengan menggowes sepeda. Ganjar dan Gus Yasin segera bergabung dalam barisan untuk mengikuti senam Maumere. Sementara pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziyah menyusul dan mengambil posisi di samping pasangan nomor urut 1. Keduanya tampak bersemangat dan terlihat sangat akrab.

Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo, mengatakan, dalam deklarasi ini trerdapat empat poin yang menjadi kesepakatan para kandidat yang akan bertarung dalam pilgub nanti, yakni kampanye damai, anti hoax, anti politisasi SARA, dan anti politik uang. ”Sesuai komitmen kita becik tur nyenengke. Ini juga menjadi kesempatan mempertemukan paslon dengan para pemilih,” kata Joko.

(sm/cr4/ida/JPR)