Dua Puskesmas Belum Terakreditasi – Radar Madura

Kepala Dinas Kesehatan Pamekasan Ismail Bey, Minggu (7/1) menyampaikan, akreditasi puskesmas sangat penting. Akreditasi merupakan upaya peningkatan mutu puskesmas dan peningkatan kapasitas pegawai puskesmas yang bermuara pada perbaikan pelayanan kesehatan masyarakat.

Akreditasi juga untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang disediakan puskesmas. Manfaat akreditasi bagi dinas kesehatan, sebagai wahana pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan.

Menurut Ismail Bey, sistem manajemen, mutu, penyelenggaraan pelayanan klinis, dan penerapan manajemen risiko di puskesmas harus terus diperbaiki. ”Di pantura, tersisa satu puskesmas yang belum diakreditasi, yaitu Puskesmas Waru,” katanya.

Puskesmas Waru sebenarnya direncanakan diakreditasi pada 2017 akhir. Akan tetapi, ada beberapa persyaratan yang belum lengkap sehingga ditunda ke tahun ini. ”Insya Allah akreditasi Puskesmas Waru dilakukan akhir tahun ini,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep A. Fatoni membenarkan di pantura terdapat satu puskesmas yang belum akreditasi, yaitu Puskesmas Ambunten. ”Tinggal Puskesmas Ambunten yang belum akreditasi,” katanya.

Menurut dia, proses akreditasi tidak bisa dilakukan sekaligus. Akreditasi puskesmas di Sumenep dilakukan secara bertahap tiap tahun. ”Minimal lima puskesmas yang diakreditasi tiap tahun,” ujar Fatoni.

(mr/rus/hud/luq/bas/JPR)