Duh, Baru Setahun, Jalan Hotmix Mengelupas – Radar Bali

Jalan sengaja diaspal dengan kualitas hotmix, agar umat yang hendak tangkil ke Pura Segara Rupek lebih dimudahkan. Sayangnya, baru setahun aspal sudah mengelupas.

Jalan mulai mengelupas pada Jumat (24/11) pekan lalu. Diduga aspal mengelupas gara-gara terendam air bah yang mengalir saat itu.

Kebetulan sebelum aspal ditemukan mengelupas, hujan lebat sempat mengguyur kawasan Desa Sumberklampok dan mengakibatkan genangan di ruas jalan tersebut.

Perbekel Sumberklampok Wayan Sawitrayasa mengatakan, ruas jalan tersebut sebenarnya memilik panjang 2,5 kilometer. Sejak pekan lalu, jalan mendadak tergerus sepanjang 70 meter.

Menurut Sawitra, sebelum aspal jalan mengelupas, di wilayahnya sempat hujan lebat. Aliran air dari selokan di tepi Jalan Raya Singaraja-Gilimanuk kemudian mengalir ke arah Pura Segara Rupek.

Sayangnya selokan di jalan menuju Pura Segara Rupek sempit, sehingga air cepat meluap dan meluber ke jalan raya.

Parahnya lagi selokan terhalang bekas pondasi pos penjagaan menuju Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Tak pelak air tersumbat dan mengalir ke jalan. Dampaknya air merendam aspal yang baru dikerjakan.

“Kemungkinan air yang meluap ini menggerus jalan sampai aspalnya mengelupas. Memang selokan di jalan menuju pura itu sempit dan terhalang bekas pondasi,” kata Sawitra kemarin.

Sawitra mengaku sudah melaporkan hal itu pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Buleleng. Harapannya, pemerintah bisa segera memperbaiki jalan tersebut.

Apalagi banyak pamedek yang tangkil melalui jalan tersebut. Apabila dibiarkan, dikhawatirkan kerusakan makin parah.

Pihak desa berencana melakukan kerja bakti pada ruas jalan tersebut, agar aliran air menjadi lancar.

“Kami bersama warga akan bongkar bekas pondasinya, biar aliran airnya tidak terhalang. Mudah-mudahan tidak semakin parah kerusakannya,” imbuh Sawitra.

(rb/eps/mus/mus/JPR)

Source link