Duh, Jadwal Pilkades Serentak Bentrok dengan Pilpres – Radar Solo

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekminto mengatakan, pada periode kedua, terdapat 270 kepala desa (Kades) yang masa jabatannya akan habis, Mei 2019. Sesuai aturan, seharusnya pelaksanaan Pilkades Serentak dilakukan April atau 30 hari sebelum habis masa jabatan.

”Untuk kepala desa sudah kami siapkan dengan melakukan konsultasi ke Kemendagri terkait jadwal pelaksanaanya. Kami meminta pertimbangannya karena pelaksanaannya yang mendekati Pilpres pada Juni nanti. Karena jika dilaksanakan sesuai masa jabatan habis itu, ya cukup rawan,” jelas Ronny kepada Jawa Pos Radar Solo, Kami (5/7).

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan, dari hasil koordinasi itu Kemendagri menyampaikan agar pilkades dilaksanakan situasional. Pemkab masih akan melakukan pembahasan lebih lanjut terkait mekanismenya. Meski begitu, pemkab berharap pelaksanaan Pilkades Serentak bisa diselenggarakan sebelum April.

”Sebelum April sudah diisi, lalu pada Mei baru dilakukan serah terima jabatan dari yang lama ke baru. Tapi untuk persiapannya sudah kami lakukan enam bulan sebelumnya. Termasuk menyusun perbupnya,” beber Ronny.

Tahun lalu, Kabupaten Klaten melaksanakan Pilkades Serentak di 48 desa. Sedangkan sisanya akan dilakukan pengisian pada 2019 mendatang secara bertahap. Pilkades Serentak terakhir akan dilakukan pada akhir 2019.

(rs/ren/fer/JPR)