Dukung Literasi, Launching Gerakan Wanita Membaca – Radar Kudus

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Umi Kulsum, di abad ke-21 ini dibutuhkan anak yang mampu berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi. Untuk itu, orang tua dituntut mendampingi putra-putrinya agar menguasai beragam kecakapan literasi. “Caranya dengan membaca,” ungkapnya  

Menurutnya, membiasakan membaca memang bukan perkara mudah. Perlu dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, pemerintah mencanangkan progran Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku).

“Gerakan ini adalah gerakan yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI guna mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan, di rumah, satuan PAUD, dan di masyarakat,” terangnya.

Umi Kulsum menambahkan, membaca dapat diibaratkan membuka jendela dunia. Karena dengan membaca akan menambah ilmu dan wawasan. Membaca juga akan membentuk pola pikir baru dan akan meningkatkan kemampuan seseorang dalam menemukan berbagai keunikan. Serta hal baru yang berguna bagi kehidupan.

“Semakin banyak membaca akan membentuk pribadi yang berilmu dan bijak dalam melangkah serta mengambil keputusan,” jelasnya. Untuk itu, Kabupaten Blora mendeklarasikan Gerakan Blora Membaca sekaligus me-launching Gerakan Wanita Membaca.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora Gundala Wejaseno menegaskan, tujuan gerakan ini adalah membiasakan dan menumbuhkembangkan minat baca anak sejak usia dini.

(ks/sub/aji/top/JPR)