Ekspresikan Diri dengan Tulisan – Radar Kudus

Acara ini berlangsung selama dua hari yaitu Kamis (8/1) sampai kemarin. Acara ini dibuka langsung Kepala MTs NU Hasyim Asy’ari Mualimin.

Selama satu hari, para peserta belajar jurnalistik langsung dari Jawa Pos Radar Kudus Biro Jepara. Ada tiga materi utama yang disampaikan. Mulai dari dasar-dasar jurnalistik yang disampaikan wartawan Femi Noviyanti, fotografi jurnalistik yang disampaikan wartawan Khoirul Anwar serta materi manajemen redaksi yang disampaikan Kepala Biro Jepara Zainal Abidin.

Pada setiap sesi materi, para peserta diberikan kesempatan untuk praktik secara langsung. Misalnya pada materi dasar-dasar jurnalistik para peserta diberikan kesempatan menyampaikan pengalaman peliputan dan penulisan berita yang pernah dirasakans aat membuat majalah sekolah. Begitu pula pada materi foto para peserta mencoba memotret secara langsung dan hasilnya dievaluasi bersama-sama.

Kepala Biro Jepara, Zainal mengatakan, pada pelatihan jurnalistik kali ini pihaknya ingin memberikan pemahaman kompleks terkait jurnalistik bagi para pelajar. Tak hanya soal penulisan berita, tetapi juga tentang fotografi.

Satu lagi yang tak kalah penting, para pelajar juga diberi pemahaman terkait manajemen redaksi dan alur pembuatan media. ”Harapannya ke depan apa yang kami sampaikan bisa diterapkan dalam pengelolaan media sekolah,” urainya.

Kepala MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Mualaimin berpesan akan pentingnya membekali diri dengan selalu membaca dan menulis.  Hal tersebut selaras dengan perintah Allah dalam Alqur’an Surat Al alaq ayat 1-5. ”Pada zaman now saat ini kita harus mempunyai banyak referensi buku untuk membuka cakrawala ilmu pengetahuan, agar kita tidak menjadi umat yang tertinggal,” imbuhnya.

Sementara itu pembimbing ekstrakulikuler jurnalistik MTs NU Hasyim Asyari Bangsri, Khoirun Nisa menyampaikan, melalui pelatihan ini diharapkan kemampuan para pelajar di bidang jurnalistik bisa meningkat. ”Di sekolah kami sudah ada majalah sekolah, harapannya ilmu yang didapatkan dalam pelatihan ini bisa diaplikasikan untuk meningkatkan kualitas majalah,” pungkasnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)