Empat Partai Selesai Verifikasi Faktual – Radar Jember

Divisi Hukum KPU Bondowoso Junaidi mengatakan, keempat partai itu telah selesai melakukan verifikasi faktual, yakni tentang data kepengurusan dan data keanggotaan yang didaftarkan pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Dalam verifikasi faktual itu, KPU melibatkan beberapa tenaga teknis untuk datang ke pengurus parpol dan untuk melakukan pengecekan keabsahan anggota di lapangan. “Kami buat data random dan kami datangi ke rumah warga untuk membuktikan jika mereka benar-benar anggota,” ujarnya.

Dalam verifikasi itu, untuk data kepengurusan, keempat partai ini sudah dinyatakan MS atau memenuhi syarat. Hanya saja khusus untuk data keanggotaan, keempat parpol ini dinyatakan TMS atau tidak memenuhi syarat. “Jadi, ada orang yang masuk dalam data menyatakan tidak pernah terlibat partai politik, namun dicatat menjadi anggota partai,” ucapnya. 

Ada juga warga yang menjadi anggota, namun bukan anggota parpol yang terlaporkan di KPU dan banyak lagi temuan di lapangan. Sehingga, KPU menyatakan tidak memenuhi syarat. Namun, tidak lantas partai itu dinyatakan tidak lolos. Sebab, ada masa perbaikan. Dalam masa perbaikan itu partai harus melengkapi data yang dianggap KPU TMS. 

Junaidi menambahkan, selain keempat parpol tersebut, ada tiga parpol lagi yang akan diverifikasi faktual. Yakni PKPI, PBB dan Partai Idaman. Namun, pihaknya belum mendapatkan jadwal verifikasi dari KPU pusat. 

(jr/hud/sh/das/JPR)

Source link