Enam Daerah Adu Kreasi di Festival Kesenian Pertunjukan Rakyat – Radar Kudus

Acara tersebut dihadiri forkompinda dan anak-anak pramuka Kwarcab Grobogan ikut larut melihat pertunjukan yang cukup menghibur ini. Pertunjukan tersebut bertujuan melestarikan budaya tradisional dan mengangkat perekonmian warga Jawa Tengah. Selain itu, juga untuk nguri-uri budaya Jawa.

”Ada tiga tema yang dilombakan. Yaitu gotong royong, bakti sosial, dan pilkada damai,” kata Kabid Komunikasi dan Infomasi Publik Dinas Komunikasi dan Informasi Jateng Evi Sulistyorini.

Sementara itu, Kasi Kelembagaan Komuniasi Publik Diskominfo Grobogan Warsito menambahkan, dari hasil seleksi pertunjukan ini, nantinya akan diambil salah satu dan akan digelar final di PRPP Semarang. ”Juara I akan maju tingkat provinsi,” terangnya.

Sedang Sekda Kabupaten Grobogan Sumarsono mengatakan, Grobogan memiliki banyak budaya. Jadi, perlu dilestarikan karena kesenian tersebut juga merupakan sarana penyampaian informasi ke masyarakat. Di antaranya kesenian tradisional di Grobogan, seni tayub dan wayang kulit.

”Saya berharap  acara tersebut dapat menjadi ajang kompetisi, sehingga kesenian di Jawa  Tengah dapat lestari. Kesenian juga dapat digunakan untuk penyebaran informasi ke masyarakat, sekaliagus untuk nguri-uri kebudayaan yang adiluhung,” terangnya.

(ks/mun/lin/top/JPR)