Event Sumenep Mengukir Siap Digelar – Radar Madura

Kualitas produk ukiran kayu dari Desa Karduluk tidak diragukan. Melihat potensi itu, pemkab akan mengadakan event Sumenep Mengukir untuk lebih mengenalkan ukiran kayu dari Karduluk kepada masyarakat luas.

”Event ini tujuannya untuk mengangkat para pengukir yang ada di Karduluk agar mendapat pasar yang lebih luas,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep Sufiyanto Rabu (24/1).

MENGAGUMKAN: Kepala Disparbudpora Sumenep Sufiyanto meninjau koleksi ukiran milik salah seorang pengukir kayu di Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Rabu (24/1).
(MUSTAJI/Radar Madura/JawaPos.com)

Selain memberikan kesempatan memperluas pasar, event Sumenep Mengukir diadakan untuk menjadikan ukiran kayu khas Karduluk sebagai salah satu objek wisata dengan menjadikan Desa Karduluk sebagai sentra uir kayu. Menurut Sofi, panggilan Sufiyanto, hal tersebut dilakukan karena motif dan corak ukiran kayu di Karduluk khas.

”Selama ini masyarakat banyak yang menilai bahwa pariwisata hanya alam, hanya pantai, atau air terjun. Padahal kalau kita jeli, ini (ukiran kayu) bisa menjadi wisata yang unik karena ukiran seperti ini tidak ditemukan di tempat lain,” jelasnya.

Sofi mengungkapkan, Sumenep Mengukir akan dilaksanakan pada 31 Januari dan bakal diikuti 652 pengukir. Pada kesempatan itu, pengunjung bisa langsung membeli produk ukiran yang dibuat para pengukir Karduluk.

Tidak sebatas itu, para tamu juga bisa mencoba mengukir sendiri dengan dipandu pengukir profesional. ”Kami ingin membuat event ini semeriah mungkin agar semua orang tahu kalau potensi di Sumenep ini tidak akan pernah habis jika kita terus menggali dan menggali,” ujarnya bersemangat.

(mr/aji/hud/han/bas/JPR)