Februari E-KTP SMA Target Beres – Radar Jember

Pantauan Jawa Pos Radar Ijen perekaman E-KTP di tingkat pelajar SMA tidak dilakukan kantor dispenduk, namun di sekolah masing-masing seperti di SMAN 2 Bondowoso, kemarin (12/1). Plt Kepala Dispenduk Capil Bondowoso Agung Trihandono mengatakan, perekaman sedini mungkin di tingkat pelajar adalah perintah dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Administrasi Kependudukan (Adminduk). Dimana warga yang nanti per 1 April 2019 usianya 17 tahun harus melakukan perekaman kependudukan. 

Karena mereka yang nanti berusia 17 tahun adalah masuk jadi pemilih pemula di pilpres dan pileg 2019. Mereka yang nanti usianya 17 tahun adalah pelajar SMA kelas X, dan XI. Namun, ada juga yang masih dibangku SMP. “Perekaman di tingkat pelajar ini agar mempermudah dilakukan di sekolah masing-masing. Tapi jika yang tak bersekolah, kami juga jemput bola ke kecamatan hingga desa,” terangnya.

Agar KPU pusat mampu mempersiapkan sedini mungkin hajatan pesta demokrasi pileg, dan Pilpres 2019, dispenduk capil menargetkan pertengahan Februari perekaman di tingkat pelajar itu selesai. “Kami targetkan 12 Februari untuk tingkat SMA harus selesai. Karena akhir Februari kami harus melaporkan ke pusat,” katanya.

Jumlah pemilih pemula untuk pileg, dan pilpres itu sangat penting. Sebab, berkaitan dengan jumlah TPS, termasuk surat suara yang disiapkan.  Namun, perlu dicatat perekaman E-KTP di tingkat pelajar ini masih perekaman saja belum termasuk cetak. Sebab, kata dia, perekaman ini penting dan membutuhkan waktu yang lama. Sementara untuk cetak E-KTP sendiri bisa cepat.

Sementara untuk perekaman E-KTP selain pemilih pemula, hingga saat ini tinggal sedikit lagi selesai. Sebab, per Oktober 2017 kemarin saja sudah mencapai 93,13 persen. “Sekarang kira-kira kurang 20 ribuan yang belum,” pungkasnya. 

(jr/dwi/wah/das/JPR)

Source link