Festival KIA Wujud Pengadian Masyarakat FKM – Radar Semarang

Di sisi lain, kegiatan ini juga untuk mengoptimalkan peran mahasiswa sebagai agent of change ke arah yang lebih baik. Selain itu, penyelenggaraan kegiatan ini juga sebagai bentuk perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian Masyarakat.

“Mahasiswa baru juga lebih mengenal dan turun langsung ke masyarakat serta melakukan pendampingan,” ungkap Perwakilan FKM Undip, Suyatno, Sabtu (28/4).

Suyatno berharap dengan adanya kegiatan Surveilans dan Festival KIA, mahasiswa mampu mengatasi masalah langsung di daerah yang terkait kesehatan Ibu dan Anak. FKM Undip, lanjut dia, sudah menetapkan Tembalang dan sekitarnya menjadi daerah binaan pendampingan untuk mengembangkan praktek belajar lapang bagi mahasiswa disamping KKN.

“Dengan program yg berkelanjutan akan ada kerjasama yg baik antara undip dengan berbagai lintas sektor di bidang kesehatan masyarakat,” ujar Suyatno.

Pembina Festival KIA 2018, Yudhi Darmawan mengatakan, acara ini tidak lepas dari dukungan Dinas Kesehatan Kota Semarang yang mendukung penuh program KIA terutama di Kelurahan Rowosari dan Kedungmundu sebagai mitra binaan FKM Undip.

“Tota binaan kami ada 120 ibu hamil yang saat ini dalam keadaan sehat dan siap melahirkan,” imbuhnya.

Camat Tembalang, Heru Soekendar menyampaikan harapannya kepada FKM Undip yang telah secara rutin menggelar acara tersebut setiap tahun dan mendampingi ibu hamil di Kecamatan Tembalang.

“Saya minta ibu-ibu yang sedang hamil untuk rutin pemeriksaan guna memantau janin tetap sehat dan selamat hingga melahirkan,” tukasnya. 

(sm/tsa/zal/JPR)