FKIP Prodi PGSD Unars Terakreditasi B BAN-PT – Radar Banyuwangi

Assesment lapangan oleh tim asesor BAN-PT itu dilaksanakan selama tiga hari. Yakni  mulai Hari Senin sampai Rabu (03-05 Juli) lalu. Tim asosesor saat itu sebanyak dua orang. Yaitu Dr. Kastam Syamsi, M. Ed (UNY), Dr.  Arifin Maksum (UNJ).

Dekan FKIP Unars, Reky Lidyawati,M.Pd.I mengatakan, ada tujuh standar akreditasi prodi sarjana yang dinilai. Salah satunya, SDM dan lulusan. “SDM pengajar Prodi PGSD saat ini seratus persen S2, dan lima dosen studi lanjut S3,” terangnya.

FOTO BERSAMA: Wabup Yoyok (tengah), Dekan FKIP Unars; Reky Lidyawati (dua dari kanan), bersama civitas akademika Unars lainnya

Sedangkan lulusannya, sudah tersebar di beberapa instansi negeri maupun swasta. Mereka ada yang mengabdi di Kabupaten Situbondo, dan ada juga di luar daerah. “Sudah banyak yang mengamalkan ilmunya di luar,” ujar Reky Lidyawati.

Dia menambahkan, terakreditasi “B” BAN-PT merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Prodi PGSD. Kata dia, ini tidak hanya menjadi harapan keluarga besar Unars. Akan tetapi sesuai keinginan masyarakat dalam memajukan dunia pendidikan di Situbondo yang lebih baik.

“Semoga ini menjadi awal majunya pendidikan di Situbondo untuk mewujudkan calon tenaga pendidik yang unggul, inovatif,  dan berkarakter yang sesuai dengan visi dan misi prodi PGSD Unars. Dengan meraih akreditasi B,  prodi PGSD optimistis mencetak pendidik profesional dan berdaya saing,” ujarnya.

Reky Lidyawati mengatakan, Prodi PGSD memiliki beberapa program unggulan. Di antaranya, Kursus Mahir Dasar (KMD)  bidang kepramukaan,  Language Centre bidang Bahasa Inggris,  studi lapangan, studi banding,  serta PPL dan KKP di instansi Sekolah Dasar.

Program unggulan lainya, Olimpiade Matematika dan IPA. Ini dilaksanakan setiap tahun. Program-program unggulan tersebut akan terus ditambah. “Tahun, kami akan membuka program unggulan baru, yaitu Tahfidz Alquran,” ujar Reky Lidyawati.

Prodi PGSD FKIP Unars Situbondo juga menyediakan beberapa program beasiswa. Seperti beasiswa prestasi peningkatan akademik (PPA),  bidik misi,  beasiswa ASA,  serta BSU. (bib/pri)

(bw/bib/ics/JPR)

Source link