Frontage Road Sisi Barat Siap Diaspal, Desember Ini Bisa Digunakan – Radar Surabaya

Dari pantauan Radar Surabaya, jalan di depan bunderan Dolog tersebut juga sudah dipadati dengan pasir. Saluran yang memiliki sejumlah pintu air di permukaan tersebut juga telah selesai di cor. Sejumlah alat berat juga sibuk meratakan tanah yang nantinya akan diasapal tersebut. 

Hal yang sama juga terlihat di perlintasan rel KA sebelah Royal Plaza. Setelah pembongkaran pos pengoperasian palang pintu KA pada 17 November lalu, kini akses tersebut juga telah diuruk dengan pasir. Perataan pasir juga telah dilakukan agar jalan rata saat akan diaspal. 

Kepala DPUBMP Surabaya Erna Purnawati saat dikonfirmasi mengatakan, pengerjaan jalan tersebut memang sedang dikebut. Setelah proses pembebasan tuntas, maka pihaknya langsung eksen di lapangan. “Targetnya akhir tahun selesai diaspal dan bisa digunakan,” terangnya, Senin (4/12). 

Erna berharap, setelah diaspal maka diharapkan akses FR sisi barat di depan bunderan Dolog tidak lagi berbelok ke kanan dari arah selatan. Nantinya jalan semakin lebar dan membuat intensitas kepadatan untuk putar balik bunderan bisa berkurang. “Saat ini kan masih padat karena yang ke arah utara harus ikut belok kanan,” ujarnya. 

Kondisi serupa juga akan terjadi di kawasan perlintasan rel KA sisi utara Royal Plaza. Setelah dilebarkan, maka kepadatan jalan bisa terurai. Jalan yang awalnya memiliki lebar sembilan meter akan menjadi 17 meter. “Kami ingin FR bisa maksimal mengurangi kemacetan,” tegasnya. (vga/nur) 

(sb/vga/jek/JPR)