Gadaikan Motor Teman – Radar Bromo

NGULING – Sudah diberi hati, masih minta ampela. Peribahasa itu sangat cocok disematkan pada Dalich Sultoni, 33, warga Desa Sumberanyar, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan. Betapa tidak, ia tega menggadaikan motor yang dipinjam dari temannya.

Informasinya, pada 12 Desember 2017 sekitar pukul 14.00, Dalich menghubungi temannya, Fuji Ismail, 39, warga Kelurahan Krapyakrejo, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Ia berniat meminjam motor Yamaha Mio J N 6430 XD milik Fuji.

Ia beralasan motor tersebut akan digunakan untuk pergi ke rumah saudaranya di Krian, Sidoarjo untuk mengambil uang pengobatan ayahnya. Fuji bersedia meminjamkan motor miliknya karena merasa kasihan.

Mereka pun bertemu di depan sebuah toko optik di Kelurahan Purutrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. “Pelaku bilang hanya meminjamnya sehari ke rumah saudaranya di Sidoarjo,” kata Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto.

Endy menyebut, sepekan berselang, pelaku tidak juga mengembalikan motor korban. Korban lantas melaporkan hal itu ke Polres Pasuruan Kota pada 28 Desember 2017.

Nah, Rabu (10/1) lalu, polisi berhasil mengamankan pelaku di Sidoarjo. “Ternyata, motor korban ini digadaikan oleh pelaku. Ia beralasan butuh uang. Motor ini digadaikan senilai Rp 6 juta. Setelah kami cari, ia tertangkap saat berada di Sidoarjo. Pelaku kami kenakan pasal 372 KUHP tentang penggelapan dan ancamannya 4 tahun pidana,” terang Kasubbag Humas.

Source link