Gagal, Hendak Curi Vario, Kepergok Pemilik, Lari Dihadang Satpam – Radar Surabaya

Pelaku terdiri dari dua pemuda asal Bangkalan. Mereka adalah Syahrullah, 19, warga Desa Paoran, Kwanyar, Bangkalan dan M.Rosol, 19, warga Desa Batah Barat, Kwanyar, Bangkalan. Keduanya kini mendekam di tahanan Polsek Mulyorejo. 

Kanit Reskrim Polsek Mulyorejo Iptu Budijanto menuturkan kedua tersangka sengaja mencari sasaran di komplek perumahan tersebut. Mereka mengendarai motor Yamaha Mio nopol M 3378 HA masuk ke Perumahan Villa Kalijudan Indah, Surabaya.  “M.Rosol sebagai joki sedangkan Syahrullah yang dibonceng di jok belakang,” beber Iptu Budijanto, Selasa ( 19/6 )

Saat melintas di depan rumah Blok J-8 No.16, kedua tersangka melihat motor Honda Vario nopol L 3018 RR yang diparkir di carport rumah. Keduanya langsung menghentikan motornya dan melihat kondisi sekitar untuk memastikan tidak ada orang yang mengawasi.

Setelah memastikan kondisi aman, Syahrullah langsung turun dari jok motornya dan berjalan mendekati sasaran. Syahrullah kemudian membandrek kunci motor dan mendorong motor tersebut keluar rumah. ”Saat itu kondisi pintu pagar tidak terkunci, dan tersangka membobol kontak motor menggunakan kunci T,” imbuh Budijanto

Belum sempat menyalakan motor curiannya, aksi kedua tersangka dipergoki pemilik rumah yang tiba-tiba keluar dari pintu utama. Kaget dipergoki pemilik rumah, kedua tersangka langsung melarikan diri. Pemilik rumahpun langsung menelpon sekuriti perumahan untuk menghadang kedua tersangka yang hendak kabur.

Beruntung kedua tersangka berhasil diamankan sekuriti perumahan. Kemudian  sekuriti perumahan tersebut langsung menghubungi polisi setempat untuk mengamankan kedua tersangka. Keduanya langsung digelandang ke Mapolsek Mulyorejo untuk penyelidikan lebih lanjut. Barang bukti yang ikut diamankan dalam upaya pencurian motor tersebut adalah Satu unit motor Yamaha Mio warna merah nopol M 3378 HA milik tersangka, motor Honda Vario warna merah nopol L 3018 RR milik korban, dan satu buah kunci T yang digunakan tersangka dalam menjalankan aksinya.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. (son/rtn)

(sb/son/jek/JPR)