PASURUAN – Dana untuk Panwaslu Kabupaten Pasuruan dari APBD sampai kini belum dicairkan. Hal ini menjadikan sejumlah pembiayaan sedikit tersendat. Salah satunya adalah gaji Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk bulan November ini masih tertunda.

Menurut Ahmari, Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa sejatinya sejak dilantik awal November, Panwascam yang sejumlah 72 orang ini sudah berhak mendapatkan gaji. Untuk gaji Panwascam sejatinya diambilkan dari hibah dana APBD Kabupaten Pasuruan.

“Karena dana belum cair, sehingga untuk gaji Panwascam bulan November masih tertunda. Namun jika sudah dicairkan langsung akan kami bayarkan,” terangnya.

Ahmari menambahkan, pihaknya sudah mendapatkan informasi bahwa dana hibah Panwaslu untuk tahun 2017 segera cair. Jika cair masih di bulan November, maka pencairan gaji untuk satu bulan gaji saja.

“Tapi kalau sampai cair Desember mendatang, ya sekalian kami cairkan untuk 2 kali gaji,” terangnya.

Kendati terlambat, Ahmari mengakui, kegiatan Panwascam tetap berjalan. Saat ini selain koordinasi rutin, Panwascam juga sudah mengawasi kerja PPK dan PPS. Termasuk persiapan untuk rekrutmen Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) di tiap desa.

Terkait hal tersebut, Luly Noermadiono, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan memastikan bahwa dana Panwaslu Kabupaten Pasuruan bakal segera dicairkan. “Cair hari ini (Selasa, 28/11), tapi yang pasti dalam minggu ini sudah cair,” jelasnya.

Untuk dana hibah Panwaslu Kabupaten Pasuruan diambil dari APBD 2017 dengan pencairan di tahun 2017 sebesar Rp 3,462 Miliar.

Source link