Gakkumdu Siap Awasi Pelaksanaan Pilkada – Radar Madura

Ketua Panwaslu Bangkalan A. Mustain Saleh mengatakan, kehadiran Gakkumdu sangat penting dalam rangka menyukseskan pilgub dan Pilbup 2018. Secara bersama-sama melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap pelanggaran pemilu.    ”Tensi politik kian tinggi. Sebab, Januari mendatang sudah masuk tahap pendaftaran. Jadi, Gakkumdu hadir dalam rangka semangat melakukan pencegahan pelanggaran pemilu,” ujarnya.

Menurut dia, pilgub dan pilbup di Kota Salak harus berjalan kondusif. Hal itu bisa terwujud manakala semua pihak ikut bersama-sama menjaga pesta demokrasi lima tahunan ini. Dengan demikian, Bangkalan bisa keluar dari zona merah. ”Gakkumdu akan menegakkan keadilan pemilu. Tapi, tetap sebisa mungkin pencegahan harus menjadi prioritas,” ucapnya.

Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M. Ridha mengatakan, kerja sama ini patut diapresiasi. Tentu harus dengan tindakan solutif. Caranya, harus sama-sama mewujudkan pilbup dan pilgub yang aman dan lancar. ”Semoga Gakkumdu ini nanti bisa mewujudkan itu. Namun, harus didukung oleh semua pihak. Termasuk juga penyelenggara pemilu itu sendiri,” terangnya.

Sementara Kajari Bangkalan Riono Budi Santoso menyampaikan, seluruh pelanggaran saat tahapan jelang pilbup dan pilgub harus diantisipasi sejak dini. ”Pengawas, penyidik dan kami memang harus duduk bareng. Gakkumdu adalah salah satu wadah bersama demi pemilu yang kita inginkan bersama,” tandasnya. 

(mr/daf/han/bas/JPR)