Gali Informasi, Para Finalis Duta Kartini Keliling Museum – Radar Kudus

Selama berkeliling, para finalis diharuskan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya telah diberikan panitia. Keaktifan mereka selama perjalanan juga menjadi penilaian tersendiri.

Terakhir, mereka akan mengikuti grand final di Kecamatan Mayong. Sistemnya sendiri sebagaimana pemilihan Duta Wisata. ”Penekanannya lebih pada pengetahuan mereka tentang RA Kartini. Harapannya jika terpilih nanti bisa melanjutkan nilai-nilai kebaikan RA Kartini dan menularkannya pada generasi muda,” imbuh salah satu pendamping finalis Duta Kartini Asti.

Perjalanan ke lokasi-lokasi yang berhubungan dengan RA Kartini tersebut dilakukan dalam rangkaian pemilihan Duta Kartini dalam Gebyar Kartini Kecamatan Mayong. Para finalis diajak berkeliling sebagai persiapan puncak pemilihan pada Kamis (19/4) malam.

Terkait dengan agenda ini, Asti mengatakan, dua tahun terakhir pemilihan Duta Kartini menjadi agenda dalam Gebyar Mayong. ”Camat Mayong berkeinginan ada generasi yang bisa melanjutkan nilai-nilai kebaikan RA Kartini. Salah satu upayanya melalui kegiatan ini,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Asti melanjutkan, pada pemilihan Duta Kartini tersebut, masing-masing desa diminta mengirimkan satu perwakilannya. ”Sebenarnya ada 18 desa, namun tahun ini yang mengirimkan perwakilan ada 15,” ujarnya.

Perwakilan yang dikirim, lanjutnya, haruslah memenuhi kriteria. Di antaranya perempuan, berusia 18 hingga 25 tahun serta memiliki pengalaman di bidang organisasi. ”Para finalis itu kemudian kami ajak untuk berkeliling dan menapak tilas perjuangan RA Kartini baik di Jepara maupun di Rembang,” ujarnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)