Gara-gara Ini Polisi Tilang Ribuan Anak di Bawah Umur – Radar Kudus

Menurut data satlantas, selama Februari lalu petugas telah menindak 1.094 pelajar SMA sederajat, 84 pelajar SMP sederajat, dan satu pelajar SD sederajat. Selanjutnya, pada Maret petugas menindak 1.262 pelajar SMA sederajat dan 51 pelajar SMP sederajat.

”Dengan begitu, total keseluruhan selama Februari kami menindak 1.179 pelajar dan Maret menindak 1.313 pelajar,” ujar Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq melalui Kasat Lantas AKP Panji Gedhe Prabawa kemarin.

Sebelum penindakan, selama Januari lalu pihaknya telah gencar menggelar sosialisasi ke sekolah-sekolah yang siswanya terdata banyak mengendarai motor saat ke sekolah. Termasuk sekolah yang berada dekat dengan jalan raya, sehingga memiliki potensi besar terjadi laka lantas.

Dia menuturkan, selama dua bulan ini, pihaknya terus melakukan langkah tegas penilangan untuk memberi efek jera kepada pelajar. Selama penindakan, berbagai alasan dan tingkah laku dilakukan pelajar saat terjaring razia. Ada yang menangis, menghubungi orang tuanya, hingga berusaha kabur.

Setelah ditindak, petugas langsung memanggil orang tua siswa hingga menyurati pihak sekolah. ”Kami menyampaikan kepada orang tua siswa, jika mereka sayang kepada anak bukan dengan cara memberi motor untuk ke sekolah. Sebab, sangat membahayakan keselamatan anak,” imbuhnya.

(ks/int/lin/top/JPR)