Gebrakan Baru Tiga Kadinas Terpilih Ditunggu DPRD – Radar Kudus

Tiga OPD yang dilantik, di antaranya Kepala Dinas Pendidikan Amin Hidayat yang menggantikan Pudjo Albachrun lantaran telah pensiun per 1 Desember lalu. Kemudian Nugroho Agus Prastowo menggantikan Ahmadi Widodo sebagai kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ahmad Widodo kini menjabat sebagai Assisten II Pemkab Grobogan. Satu lagi, Wahyu Susetijono mengisi kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Grobogan yang sebelumnya diduduki Moh Sumarsono. Moh Sumarsono diangkat menjadi sekertaris daerah (sekda).

Kepala Komisi A DPRD Grobogan Riyadi mengatakan, tiga OPD yang dilantik masih berusia muda dan memiliki pemikiran segar. Sehingga permasalahan di lingkungan Dinas yang dinaungi harus segera diselesaikan.

”Kami harapkan tiga OPD terpilih langsung tancap gas untuk membenahi persoalan yang sering kali menjadi sorotan publik. Terutama persoalan pendidikan,” tegas Riyadi.

Dia mencontohkan, masih ada puluhan SD yang rusak. Sebelumnya, Dinas Pendidikan mengaku sudah turun ke lapangan. Namun, masih banyak ditemukan sekolah-sekolah yang bangunannya tak layak. Akibatnya, banyak siswa kurang nyaman saat belajar.

”Ini artinya ada komunikasi tidak balance. Temuan itu, setelah dewan melakukan pemeriksaan. Ternyata yang mendapat anggaran rehab sekolah, malah sekolah yang sudah bagus. Ini tidak boleh terjadi lagi. Komunikasi harus lebih baik,” terang politikus Partai Gerindra ini.

Riyadi berharap, dengan adanya pengalaman sebelumnya, saat penganggaran dan pelaksanaan pembangunan sekolah di tahun berikutnya dapat tepat sasaran. Sehingga kepercayaan publik pada pemerintah meningkat.

Sementara untuk Dinas Lingkungan Hidup, Riyadi meminta agar isu-isu lingkungan dapat terus diikuti. Pencapaian Adipura diharapkan tak seremoni saja. Namun benar-benar sesuai dengan kondisi di lapangan. Kabupaten Grobogan terakhir mendapatkan Adipura pada 2013. ”Penghargaan Adipuran sudah lama tak didapat. Kami harapkan kepala DLH baru bisa meraih,” tandasnya.

Untuk kepala BPPKAD baru, diminta agar tetap menjaga komunikasi dengan DPRD. ”Koordinasi kepala sebelumnya sudah cukup baik. Jadi, harus dijaga,” pesannya. 

(ks/mun/lin/top/JPR)