Gebrakan Kasatlantas Putra Tukul di Hari Ibu – Radar Bromo

Gebrakan yang diinisiatori Kasatlantas AKP Ega Prayudi yang merupakan putra sulung komedian kondang tanah air, Tukul Arwana itu dilakukan untuk memeringati hari ibu. Hari ibu sendiri dikethaui jatuh tiap 22 Desember. 

Salah satu kaum hawa yang beruntung mendapatkan SIM gratis itu adalah Eka Darmayanti, 21. Pemohon SIM asal Desa Banjarsawah, Kecamatan Tegal Siwalan, Kabupaten Probolingggo itu mengaku kaget. 

HARUS IKUTI PROSEDUR: Meski biaya digratiskan, namun pemohon kaum hawa tetap harus melewati ujian praktik seperti pada umumnya.
(rizky putra/ Radar Bromo)

Ia tak menyangka, bisa mendapatkan SIM secara gratis. Perempuan dengan tinggi 156 sentimeter itu awalnya beranggapan bahwa membuat SIM pasti akan ribet dan memakan waktu. 

Lantaran itu, ia berangkat pagi-pagi dari rumahnya. Setibanya di markas Satlantas Polres Probolinggo, ia mendapati suasana tak seperti biasanya. 

Semua anggota kepolisian yang bertugas melayani di bagian SIM Berpakaian kebaya, bagi Polwan dan batik bagi Petugas prianya. “Ketika saya mendaftar, saya pikir ada acara apa soalnya semuanya pakai kebaya,” terangnya.

Seperti biasa, ia beserta belasan pemohon lainya melakukan registrasi dan mengantre. Berbagai prosedur dilalui. Mulai dari registrasi, foto, uji teori, uji keterrampilan mengemudi atau praktik. 

Setelah dinyatakan lulus, barulah tahap penyetakan dan pemberian SIM. Yang membuatnya terkejut, ketika ia dinyatakan lulus, ia tak dimintai biaya sepeser pun.

Usut punya usut, ternyat khusus Satlantas Polres Probolinggo yang dipimpin putra sulung Tukul itu tengah menggratiskan biaya SIM selama 2 hari untuk memperingati hari ibu. Tak hanya itu, kaum hawa yang mendapatkan SIM juga masih mendapatkan kado bunga dari petugas. “Yah seneng lah, selain itu juga petugasnya ramah-ramah,” imbuh perempuan yang akrab dipanggil Eka itu.

Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Ega Prayudi mengatakan ada beberapa persyaratan untuk menggratiskan biaya SIM bagi kaum hawa itu. Yang pertama, harus warga Kabupaten Probolinggo. 

Selanjutnya, harus melakukan prosedur seperti pada umumnya, yakni uji kesehatan, tes tulis dan praktik. Ketika dinyatakan lulus, barulah biayanya ditanggung oleh Satlantas Polres Probolinggo

“Kegiatan ini diperuntukan untuk peringati hari ibu. Jadi khusus dua hari ini (Kamis dan Jumat), pemohon kaum hawa yang telah dinyatakan lulus digratiskan,” terangnya.

Ega juga mengimbau bagi ibu-ibu yang juga pengguna jalan untuk selalu menaati aturan lalu lintas yang ada. “Untuk ibu-ibu jaman now, taati aturan lalu lintas yang ada. Jangan nyalakan lampu send kiri tapi belok kanan dan sebaliknya. Karena selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan orang lain,” pesan Ega. 

(br/rpd/mie/mie/JPR)

Source link