Gilas 7,4 Ton Miras dan Knalpot Brong – Radar Banyuwangi

BANYUWANGI – Untuk mengamankan kegiatan perayaan Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018,  Polres Banyuwangi menggelar apel pasukan Operasi Lilin 2017. Apel dilanjutkan pemusnahan barang bukti minuman keras (miras) dan knalpot brong di lapangan Mapolres Banyuwangi, Minggu (31/12).

Kegiatan pemusnahan miras dan knalpot brong tersebut dilakukan bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) disaksikan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pejabat utama serta perwira di jajaran Polres Banyuwangi.

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman mengatakan, miras yang dimusnahkan tersebut adalah hasil operasi cipta kondisi 2017. Adapun barang bukti miras yang dimusnahkan sebanyak 7.490 liter atau setara dengan 7,49 ton. “Pemusnahan miras ini merupakan salah satu bukti kepedulian dan keprihatinan kami aparat terhadap peredaran miras di Banyuwangi,” ungkap Donny dalam sambutannya.

Berawal dari miras, lanjut Donny, banyak timbul persoalan dan permasalahan. Salah satunya yang terbaru yakni segerombolan pemuda yang berbuat onar merusak Balai Desa Sidorejo, Kecamatan Purwoharjo. Pemicu awal kawanan kelompok remaja itu juga dimulai dengan menengak miras.

Ironisnya, dari lima pelaku yang diamankan polisi tersebut, tiga di antaranya masih anak-anak atau berstatus sebagai pelajar. Dengan demikian, miras mulai merusak sendi-sendi kehidupan sehari-hari. Termasuk sudah mencekoki generasi penerus bangsa. “ Butuh kepedulian dan kerja sama dalam memerangi miras dan narkoba ini,” jelasnya.

Ribuan botol miras berbagai jenis dan merek tersebut, selanjutnya dimusnahkan dan dilindas menggunakan alat berat berupa selender. Forpimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat secara simbolis turut memusnahkan minuman haram tersebut dengan cara melemparkan botol ke arah mesin alat berat.  ”Dari hasil operasi itu telah kami lakukan penyidikan terhadap 125 orang tersangka. Semua tersangka sudah disidangkan di Pengadilan Negeri Banyuwangi untuk dilakukan sanksi tindak pidana ringan,” timpal Kasat Sabhara AKP Basori Alwi.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemusnahan knalpot brong  yang juga hasil operasi cipta kondisi tahun 2017. Puluhan barang bukti knalpot bersuara bising itu dimusnahkan dengan cara digergaji menggunakan mesin.

Source link