Guru PAUD Ciptakan Tari Guggur – Radar Jember

Sepuluh orang penari, membawakan tarian tersebut dengan menarik. Pakaian khas para penari semakin asyik saat ditambah aksesoris topeng macan. Gerakannya juga bisa dibilang sangat asyik. Tari ini seperti pengembangan tari Singo Ulung yang sudah menjadi salah satu ikon kesenian Kota Tape. 

Rupanya tarian itu sudah ada di Bondowoso sejak sekitar lima tahunan. Saat ini dikembangkan oleh para guru PAUD Klabang. Mereka membuat tarian Guggur yang berarti anak macan dalam Bahasa Madura. Hal itu untuk mengiringi Singo Ulung yang selama ini sudah menjadi ciri khas Bondowoso.

Yulia Irawati, ketua IGTKI Klabang mengungkapkan, seluruh penari adalah para guru PAUD di Klabang. Mereka belajar tarian dari masyarakat Klabang. Karena berhubungan dengan macan, para Guru PAUD ini berusaha mempopulerkan. “Sebab ini sangat sinkron dengan adanya Singo Ulung di Bondowoso, iringannya adalah tarian Guggur yang berarti anak macan,” terangnya.

Dijelaskannya, tarian tersebut menceritakan segerombolan anak macan yang sedang bermain. Anak macan punya sifatnya yang berbeda. Dan itu menjadi hal yang unik untuk diangkat menjadi tarian. 

Kepala Disparpora Harry Patriantono mengungkapkan, pihaknya sengaja mengundang para Guru PAUD itu ke disparpora. Tarian itu menarik dan layak dikembangkan. “Mengingat Bondowoso memiliki Singo Ulung, jadi hal tersebut menjadi pelengkap yang sangat bagus,” urainya.

Sementara Kabid Pariwisata Adi Sunaryadi mengatakan, Bondowoso sudah punya tari Molong Kopi. Tentunya dengan adanya tari baru yang bernama tari Guggur ini menambah khazanah kesenian di Bondowoso. “Kami berharap tarian yang diciptakan oleh warga Bondowoso ini bisa berkembang dan bisa menjadi tari untuk menyambut tamu yang berasal dari luar Bondowoso,” tegasnya.

Dinas pariwisata dalam hal ini melihat tari ini unik. Awal kali dari namanya, yakni Gugger. Sementara Singo Ulung yang berasal dari Bondowoso, sudah mendapat pengakuan internasional. “Ini adalah anaknya, dan ini unik,” ujarnya. 

(jr/hud/aro/das/JPR)

Source link