Hari Ini, KPU Buka Pendaftaran Calon Perseorangan – Radar Surabaya

Pria yang akrab disapa Arba ini menerangkan, untuk penyerahan syarat dukungan untuk pasangan calon perseorangan dijadwalkan 22 – 26 November 2017. Tentunya, bukti syarat dukungan yang berbasis KTP elektronik (e-KTP) tidak sertamerta diterima, melainkan akan diteliti secara faktual hingga ke tingkat desa atau kelurahan. 

Dia mengimbau, bagi pasangan calon perseorangan yang akan menyerahkan bukti dukungan agar melakukan pengarsipan yang tertata. Setidaknya, dengan arsip yang tertata rapi akan bisa membantu KPU saat dilakukan penelitian faktual, termasuk kemudahan dalam mendeteksi adanya dukungan berupa e-KTP ganda.

“Penelitian secara faktual untuk pasangan calon perseorangan akan memakan waktu lumayan lama, sampai ke tingkat desa/kelurahan. Jadi butuh pengarsipan yang tertata rapi, biar mudah melakukan penelitian,”kata Arbain. 

Di tempat yang sama, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito menambahkan, KPU Jatim mensyaratkan bagi cagub dan cawagub Jatim dari jalur independen untuk memenuhi persyaratan menyetorkan surat dukungan dan fotokopi KTP minimal 6,5 persen atau 2.015.000 orang pada saat mendaftar di KPU Jatim.

“Pengalaman pilkada lalu kan cuma satu pasangan yang independen. Jadi dari evaluasi yang dilakukan, kami memang menganggarkan dua paslon untuk independen ditambah empat dari parpol,” ungkapnya. (bae/no)

(sb/bae/jay/JPR)

Source link