Hari Pangan Sedunia Dirayakan di Pengungsian – Bali Express

Acara kemarin, menampilkan pameran produk pertanian pangan lokal dan hasil-hasil kerajinan. Ada juga demo memasak dan membuat kerajinan, pelayanan kesehatan masyarakat, pemberiaan piagam penghargaan, termasuk hiburan.

Mas Sumatri mengungkapkan, peringatan hari pangan dimaksudkan untuk mengingatkan pentingnya kebutuhan pangan. Pemantapan ketahanan pangan merupakan salah satu prioritas. Baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Pemkab Karangasem, lanjut Mas Sumatri sudah membentuk Dewan Ketahanan Pangan berdasarkan SK Bupati Karangasem No 516/HK/2017.

Dewan pangan ini bertugas  merumuskan kebijakan pemantapan ketahanan pangan yang mencakup aspek ketersediaan, distribusi dan konsumsi serta mutu gizi keamanan pangan dan melaksanakan evaluasi dan pengendalian pemantapan ketahanan pangan.

Mas Sumatri juga menekankan, hari Pangan Sedunia hendaknya dimaknai sebagai salah satu langkah  meningkatkan ketahanan pangan bagi seluruh masyarakat  dalam memenuhi ketersediaan, kecukupan dan penganekaragaman. “Pemerintah bertanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” jelas Mas Sumatri.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupten Karangasem I Nyoman Mertha Tanaya  mengatakan, upaya peningkatan ketahanan pangan dihadapkan berbagai tantangan. Salah satunya  masalah lingkungan. “Seperti ketahui bersama kondisi alam di Kabupaten Karangasem terjadi erupsi Gunung Agung,” sebutnya. Guna menghadapapi tantangan itu diperlukan dukungan berbaik pihak. Tak cukup hanya mengandalkan pemerintah saja. 

(bx/wan/yes/JPR)

Source link