Hasil Verifikasi Calon Independen – Radar Bromo

Dan ketika menyerahkan bukti dukungan, berkas keduanya dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.  “Pasangan Suwito dan Fery berkasnya sudah lengkap. Penyerahannya pada Selasa (28/11),” ujar Ahmad Hudri, Ketua KPU Kota Probolinggo kemarin. 

Berbeda dengan pasangan Suwito-Fery, pasangan Sukirman-Abdul Azis baru menyerahkan berkas pendaftaran pada hari terakhir yakni Rabu (29/11) sekitar pukul 20.30. Kepastian mengenai hasil penyerahan berkas baru diketahui pada Kamis (30/11).

SERAHKAN BERKAS: Sukirman saat menyerahkan berkas ke ketua KPU Kota Probolinggo, A. Hudri.
(Ridhowati Saputri/ Radar Bromo)

Berdasarkan data dari KPU Kota Probolinggo, untuk paslon Sukirman-Abdul Azis, jumlah dukungan dalam formulir hardcopy model B1-KWK terdapat  24.269 orang yang mendukung. Dukungannya, tersebar di 100 persen kecamatan yang ada di Kota Probolinggo. “Dinyatakan lebih dari jumlah minimal sebaran dukungan,” ujar Hudri.

Selain itu jumlah fotokopi identitas kependudukan atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil yang menjadi lampiran formulir model B1-KWK  mencapai 22.207 pendukung. Sedangkan jumlah softcopy formulir model B1 –KWK mencapai 16.875 orang dan tersebar di 100 persen 5 kecamatan.

Sedangkan untuk paslon Suwito-Fery, jumlah dukungan mereka sebanyak 22.186. Untuk surat keterangan dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil yang menjadi lampiran formulir model B1-KWK  mencapai 22.100 pendukung. Sedangkan jumlah softcopy formulir model B1 –KWK mencapai 22.177 orang dan tersebar di 100 persen 5 di kecamatan.

“Berdasarkan hasil penelitian, dukungan bakal calon perseorangan dinyatakan memenuhi syarat,”  ujarnya. Sebab, angka minimal calon perseorangan di Kota Probolinggo minimal harus meraih 16.522 dukungan.

Sementara itu Suef Priyanto, Ketua Panwaslu Kota Probolinggo mengungkapkan, untuk proses pendaftaran calon perseorangan batas akhir Rabu malam pukul 24.00. 

“Namun proses penghitungan berkas dukungan dan persebaran tidak dibatasi sampai jam 24.00. Lebih dari itu tidak masalah, yang penting proses penyerahan. Yang membuat lama ini berkasnya tidak teratur. Ada yang bercampur dan kacau, sehingga harus dilakukan pemilahan,” ujarnya.

Suef menjelaskan untuk pasangan Sukirman dari proses perhitungan sementara sampai dini hari tercatat sudah 23 ribu lebih dukungannya. “Sudah melampaui ketentuan batas dukungan 16.522,” ujarnya.

Setelah memenuhi persyaratan dari seg jumlah dukungan dan persebaran, selanjutnya dilakukan penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda. Tahapan tersebut dilakukan mulai 25 November sampai 8 Desember 2017. 

(br/put/mie/mie/JPR)

Source link