Hasil Verifikasi Parpol – Radar Bromo

KRAKSAAN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Probolinggo telah menuntaskan verifikasi faktual Partai Garuda dan Partai Berkarya. Hasilnya, Partai Berkarya dinyatakan sudah memenuhi syarat. Sedangkan, Partai Garuda belum memenuhi syarat untuk menjadi peserta Pemilu 2019.

Divisi Hukum KPU Kabupaten Probolinggo Ainol Yaqin mengatakan, jumlah keanggotaan Partai Berkarya yang diserahkan dan memenuhi syarat (MS) secara administrasi sebanyak 1.529 anggota dan Partai Garuda 1.009 anggota.

Dari jumlah itu, 10 persen dari keanggotaan partai diverifikasi faktual. “Kami sudah lakukan verifikasi ulang 10 persen dari keanggotaan dua parpol itu,” ujarnya, Senin (15/1).

Dari 10 persen itu, ada 105 sampling dari Partai Berkarya yang MS dan dari Partai Garuda hanya satu sampling. Namun, pihaknya tidak dapat menentukan lolos tidaknya Partai Garuda sebagai peserta Pemilu 2019. Yang menentukan lolos tidaknya, KPU Pusat.

Ainol mengatakan, saat diverifikasi, warga yang disebut anggota Partai Garuda dalam sampling tidak mengakui menjadi anggota Partai Garuda. Ada juga yang tidak dapat ditemui di alamat yang tertera dalam kartu keanggotaan. “Karena Partai Garuda tidak dapat menghadirkan keanggotaan dalam sampling verifikasi faktual itu, maka kami nyatakan tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPD Partai Garuda Kabupaten Probolinggo Zainullah membenarkan hasil verifikasi banyak sampling yang tidak memenuhi syarat. Namun, bukan berarti partainya tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019. Sebab, masih ada tahapan perbaikan. “Bukan tidak lolos. Tapi, belum memenuhi syarat,” ujarnya melalui pesan singkat.

Source link