Hoax Harus Menjadi Musuh Bersama – Radar Jember

Hadir menjadi pemateri dalam agenda itu Kasi Intel Kejaksaan Hadi Marsudiono, Satreskrim Polres Bondowoso, Komisioner KPU dan Panwas. Asisten I Agung Tri Handono yang membuka acara mengatakan, hoax merupakan hal yang perlu dipahami dalam pengawasan dan pengamanan informasi. Sebab karena hoax atau berita palsu, akibatnya akan sangat buruk. “Sebelum ada HP cerdas seperti saat ini, hoax sebenarnya sudah ada,” tegasnya.

Agung mencontohkan berbagai kejadian yang muncul di Indonesia, seperti perselisihan di Kalimantan dan berbagai daerah lainnya, akarnya adalah hoax. Yakni berita yang disebar dari mulut ke mulut. Ada kalanya menyangkutpautkan dengan suku, ras dan atau agama. Karena berita palsu itu, lantas ada salah persepsi dan mengakibatkan chaos. “Ini yang perlu dipahami seluruh pihak, bahwa hoax itu harus dilawan,” paparnya.

Di Bondowoso, kata dia, pemerintah memiliki divisi untuk mengawasi dan menangkal berita hoax. Yakni di diskominfo. Dengan sistem ini, diharapkan berbagai isu yang menjadi hoax bisa diantisipasi dan bisa dikendalikan.

Sementara Kabid Persandian dan Statistik Diskominfo Zaiful Bahri mengatakan, ada banyak jenis hoax. Di antaranya judul heboh tapi berbeda dengan isi berita dan berita benar dalam konteks menyesatkan. Sehingga jika tidak cermat betul, maka dengan muda seseorang akan termakan hoax. “Orang lebih cenderung percaya hoax jika informasinya sesuai dengan opini atau sikap yang dimiliki. Misalnya seseorang memang sudah tidak setuju dengan kelompok tertentu, produk atau kebijakan tertentu,” tegasnya.

Seseorang yang dalam frame berpikirnya sudah tidak setuju dengan kelompok tertentu misalnya, lanjut dia, maka keinginan untuk mengecek kebenaran terlebih dahulu menjadi berkurang. Namun bagi masyarakat yang berfikir kritis, akan tidak muda terpengaruh berita hoax. Sebab cenderung mengevaluasi informasi dan literasi media,” ujarnya.

Tips sederhana untuk mengidentifikasi hoax ada beberapa. Pertama mengecek URL-pada situs internet, jangan langsung percaya broadcast message dan jadikan google sebagai teman baik. Misalnya untuk mencari kebenaran informasi.

(jr/hud/das/JPR)

Source link