IAIN Jember Selenggarakan Expo Pandhalungan – Radar Jember

Produk karya mahasiswa tersebut dipamerkan dalam event Expo Kopma Pandhalungan IAIN Jember 2017 kemarin (6/7). Produk tersebut meliputi kuliner makanan dan minuman yang dipamerkan pada para dosen dan mahasiswa. “Ini wadah untuk mengembangkan bakat wirausaha anggota koperasi mahasiswa (kopma),” kata panitia kegiatan, Ulfi Khoirotul Ummah.

Menurut dia, pameran kuliner itu menjadi tempat untuk  menyalurkan kreativitas mahasiswa. Kemudian,  melatih anggota kopma agar dapat hidup mandiri melalui  wirausaha. Selain itu  juga untuk mengembangkan bakat dan minat anggota koperasi.

Dia menambahkan event yang diselenggarakan oleh Kopma IAIN Jember tersebut mengangkat tema  mencetak generasi muda melalui kreativitas berwirausaha bersama kopma. Harapannya bisa mengampanyekan gerakan wirausaha agar diikuti oleh mahasiswa lainnya. 

Kopma sendiri, lanjut dia, sebagai wadah kreativitas mahasiswa untuk mengembangkan diri. Sehingga ketika sudah lulus kuliah, mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Yakni dengan keterampilan yang dimiliki. “Mereka juga  memiliki kemampuan kerja secara kelompok,” jelasnya.

Melalui expo tersebut, lanjut Ulfi, diharapkan memunculkan kesadaran berkoperasi dan  berupaya secara aktif meningkatkan kualitas sumber daya mahasiswa, terutama di bidang  perkoperasian. “Selain itu juga  meningkatkan kualitas hubungan kerja dan komunikasi  dengan pihak lain,” pungkasnya.

(jr/gus/das/JPR)

Source link