Industri Rumahan Kuliner Makin Berkembang – Radar Banyuwangi

Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ikut berkontribusi positif terhadap perkembangan perekonomian Banyuwangi. Perkembangan UMKM yang cukup pesat selama beberapa tahun terakhir terbukti mampu mendongkrak pendapatan per kapita warga Bumi Blambangan.

————

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Alief Rachman Kartiono mengatakan, sektor UMKM di Banyuwangi tumbuh pesat beberapa tahun terakhir. Meski masih menunggu data resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mengetahui jumlah pasti UMKM di Banyuwangi, sudah secara umum diketahui UMKM semakin menjamur di kabupaten berjuluk The Sunrise of Java ini, terutama UMKM kuliner.

Perkembangan UMKM tersebut salah satunya ditopang geliat sektor pariwisata di kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini. Selain itu, beroperasinya Go-Food mengakibatkan industri rumahan kuliner semakin berkembang.

Selain itu, Pemkab Banyuwangi juga melakukan sejumlah langkah intervensi untuk mendorong geliat UMKM. Mulai program pelatihan hingga festival kuliner digelar untuk meningkatkan kualitas produk serta mem-branding kuliner lokal Banyuwangi.

Sementara, tidak sedikit warga yang menangkap peluang usaha akibat pertumbuhan sektor pariwisata tersebut. Termasuk dengan membuka UMKM.

Alief mengatakan, prospek pasar produk hasil UMKM cukup bagus. Selain itu, dalam beberapa kasus, UMKM telah terbukti sangat tahan terhadap guncangan ekonomi. ”Sebagai contoh, ketika harga kedelai naik, industri rumahan tahu dan tempe tetap eksis. Para pelaku industri rumahan tahu dan tempe menyiasati kenaikan harga bahan baku itu dengan mengurangi volume produknya. Sebagian kecil merumahkan karyawan untuk sementara. Namun dia tidak berhenti berproduksi,” paparnya kemarin (15/1).

Alief menuturkan, perkembangan UMKM tersebut turut menopang peningkatan pendapatan per kapita masyarakat Banyuwangi. Contohnya, tidak sedikit ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu senggang, kini membuka usaha kuliner. ”Sehingga yang bersangkutan bisa menambah penghasilan keluarga,” pungkasnya. (sgt/aif/c1)

(bw/sgt/ics/JPR)

Source link